Oleh Aries Kelana pada hari Selasa, 21 Apr 2020 - 17:17:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Intelijen Korsel Bantah Presiden Korea Utara Sakit Keras

tscom_news_photo_1587460707.jpg
Kim Jong Un (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Presiden Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan sakit keras. Ia menderita jantung dan baru saja menjalani bedah jantung di salah satu rumah sakit di Pyongyang. Isu itu muncul setelah Kim Jong Un tidak hadir dalam peringatan ulang tahun mendiang kakeknya, Kim Il Sung, Senin (20/4/2020).

Isu itu dihembuskan oleh stasiun berita TV kabel Amerika Serikat (AS), CNN. CNN melaporkan setelah mendapatkan informasi dari seorang pejabat AS. Desas-desus tersebut kemudian memunculkan spekulasi mengenai masa depan kepemimpinan beliau.

Namun isu tersebut dibantah oleh Korea Selatan dan Cina. Seorang pejabat Korea Selatan mengatakan bahwa memang sudah pulih kondisinya dan sekarang tengah beristirahat di sebuah resor di Gunung Kumgang, Hyangsan, Korea Utara. Itu setelah ia menjalani pemeriksaan kardiovaskular pada 12 April silam.

Teropong Juga: Terlalu Banyak Merokok Kim Jong Un Dikabarkan Kritis Setelah Operasi Jantung.

Sebelum ulang tahun mendiang Kim Il Sung Pada 12 April, media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa Kim Jong Un telah mengunjungi pangkalan udara dan mengamati latihan oleh jet tempur dan pesawat serang.

Dua hari kemudian Korea Utara meluncurkan beberapa rudal jelajah anti-kapal jarak pendek ke laut dan jet Sukhoi menembakkan rudal udara-ke-permukaan sebagai bagian dari latihan militer, kata militer Korea Selatan.

Tes rudal dilakukan pada malam hari libur nasional di Korea Utara untuk merayakan ulang tahun Kim Il Sung.

Namun isu yang berkembang di dalam negeri menunjukkan bahwa Kim Jong Un memang tidak mau dikultus oleh warga Korea Utara. Maklum sejak kecil, warga Korea Utara sudah didoktrin untuk menghormati Kim Il Sung dan Kim Jong Un. Kim Jong Un sendiri pada saat itu lebih memilih tinggal di daerah pinggiran memperingati hari kelahirannya.

tag: #kim-jong-un  #korea-utara  #korea-selatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement