Bisnis
Oleh Rihad pada hari Sunday, 03 Mei 2020 - 15:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Tokopedia Pastikan Akun Aman, Pengguna Harap Ganti Password dan Aktifkan TFA

tscom_news_photo_1588494914.jpg
Nuraini Razak (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kebocoran data di Tokopedia masih menjadi perhatian masyarakat. Mereka tentu takut akan terjadi masalah dengan akun yang bisa berakibat kerugian finansial. Sejauh ini Tokopedia sedang menyelidiki dugaan peretasan yang mengakibatkan jutaan akun pengguna mereka bocor .

Terkait kebocoran data akun penggunanya, e-commerce Tokopedia menyampaikan bahwa data penting yang berhubungan dengan pembayaran dipastikan tetap aman.

"Tokopedia memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran," ujar VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, Minggu (3/5/2020).

"Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit, dan Ovo di Tokopedia tetap terjaga keamanannya," kata Nuraini.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang peretas dalam salah satu forum bernama RaidForums mengklaim dia meretas Tokopedia pada Maret lalu dan mengantongi data dari 15 juta pelanggan. Data yang diperoleh berupa email, hash kata sandi dan nama.

Tokopedia sendiri membenarkan ada upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia, namun, mereka tidak menyebutkan apakah kejadiannya berlangsung pada Maret lalu. "Namun, Tokopedia memastikan informasi penting pengguna seperti password tetap berhasil terlindungi," kata Nuraini.

Tokopedia menjamin kata sandi dan informasi krusial pengguna dilindungi dengan enkripsi.

Unicorn tersebut menganjurkan pengguna untuk mengganti kata sandi secara berkala demi menjaga keamanan akun di platform belanja tersebut.

Platform yang didirikan William Tanuwijaya tersebut memiliki keamanan berlapis dengan one time password atau OTP, yang hanya bisa diakses dalam kurun waktu tertentu.

Tokopedia meminta pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapa pun untuk keperluan apa pun.

Disarankan pengguna akun Tokopedia mengganti password dan mengaktifkan Two Factor Authentication (TFA). Ini sangat penting, sebab seberapa pun seringnya mengganti password kamu tidak akan sepenuhnya aman bila tidak mengaktifkannya.

Pemegang akun Tokopedia harap berhati-hati jika menerima email atau promo apapun yang tidak diketahui sumbernya dan jangan sekali-kali login jika tidak meyakini keamanan situs. Disarankan gunakan program deteksi seperti Webroot Filtering Extension yang secara otomatis akan mendeteksi dan memblok situs phishing.

tag: #tokopedia  #hacker  #retas  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement