Oleh Givary Apriman pada hari Kamis, 02 Jul 2020 - 16:57:34 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR : Anggota BSBI Terpilih Wajib Perkuat Pengawasan terhadap Bank Indonesia

tscom_news_photo_1593683601.jpg
Puteri Komarudin (Sumber foto : Narasumber)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin mengatakan agar anggota BSBI terpilih memprioritaskan penguatan fungsi pengawasan terhadap Bank Indonesia sesuai kewenangannya.

Kesebelas calon anggota BSBI berasal dari berbagai latar belakang menyampaikan pandangan, ide, dan gagasan untuk dijalankan BSBI selama periode mendatang.

“Untuk menjaga kredibilitas pengawasan, maka BSBI perlu dipimpin oleh anggota-anggota yang bukan saja berpengalaman, melainkan juga berkompeten dan berintegritas. Melalui seleksi ini kami akan
memilih sosok yang memenuhi ketiga kriteria tersebut agar dapat membantu kami melakukan pengawasan terhadap Bank Indonesia dengan lebih baik dan maksimal,” kata Puteri ketika dihubungi, Kamis (02/07/2020).

Sebagaimana tercantum pada Pasal 58A ayat (1) UU No. 3 Tahun 2004 tentang Perubahan atas UU No.23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia (BI), BSBI dibentuk untuk membantu DPR dalam melakukan fungsi pengawasan terhadap Bank Indonesia.

Pengawasan yang dilakukan mencakup penelaahan atas laporan keuangan tahunan BI, anggaran operasional dan investasi BI, serta prosedur pengambilan keputusan kegiatan operasional di luar kebijakan moneter dan pengelolaan aset BI.

Dalam menjalankan tugasnya, terdapat beberapa batasan kewenangan BSBI, yakni, BSBI tidak dapat menghadiri Rapat Dewan Gubernur, mencampuri dan menilai kebijakan BI, mengevaluasi kinerja Dewan Gubernur, menyatakan pendapat untuk mewakili BI, serta menyampaikan informasi yang terkait dengan pelaksanaan tugasnya langsung kepada publik.

Meskipun demikian, Puteri meminta
agar anggota BSBI dapat mengoptimalkan peran dan fungsinya yang telah diatur dalam Undang-Undang.

“Selain kewenangannya yang terbatas, seluruh biaya BSBI dibebankan pada anggaran operasional BI, Kedua hal ini menjadi tantangan bagi independensi BSBI dalam menjalankan perannya sebagai
perpanjangan tangan DPR untuk mengawasi BI," tuturnya.

"Walaupun begitu, BSBI harus dapat memaksimalkan sumber daya yang tersedia untuk meningkatkan kualitas pengawasan seperti mempertajam segala bentuk laporan yang ditelaah,” sambungnya.

Sebagai informasi, seleksi kelayakan dan kepatutan ini akan menghasilkan lima (5) orang anggota BSBI terpilih yang terdiri atas seorang ketua merangkap anggota dan empat (4) anggota lainnya.

“Sebagai jembatan antara DPR dan BI, BSBI perlu terus menjalin komunikasi yang solid sehingga dapat terus memberikan masukan bagi DPR, Kami harapkan dengan anggota yang baru dilantik nanti, BSBI dapat meningkatkan tata kelola (governance) terhadap pengawasan yang lebih
baik,” tutupnya.

tag: #bank-indonesia  #dpr  #bsbi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Dewas KPK Sidang Etik Nurul Ghufron Hari Ini

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dewan Pengawas KPK menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran etik wakil ketua KPK Nurul Ghufron. Ghufron terlibat dugaan etik dalam proses mutasi pegawai di Kementerian ...
Berita

Momentum Hardiknas 2024, Ikramullah Akmal Dorong Pemuda Semakin Terdidik untuk Memenangkan Masa Depan

MAKASAR (TEROPONGSENAYAN) --Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ikramullah Akmal, S.Sos., M.Si memberikan pandangannya menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024. Menurutnya, pendidikan yang ...