Oleh Rihad pada hari Jumat, 16 Okt 2020 - 20:05:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Pertamina Berhasil Tingkatkan Transaksi Nontunai

tscom_news_photo_1602853488.png
SPBU Pertamina (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR V Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus), Rustam Aji menyatakan terjadi peningkatan transaksi nontunai di SPBU-SPBU di wilayah Jatimbalinus. Buktinya, sepanjang September 2020, rata-rata harian transaksi nontunai di sana sebanyak 8.900 transaksi. "September kemarin, pengguna My Pertamina yang melakukan transaksi terus bertambah setiap minggunya," kata Rustam.

Pada pekan keempat September tercatat jumlah transaksi sebanyak 376.366 transaksi. Naik 62 persen dibandingkan rata-rata tiga minggu sebelumnya sebesar 231.320 transaksi.

Rustam mencatat, ada 1.171 SPBU di wilayah Jatimbalinus yang dapat melayani pembayaran nontunai melalui aplikasi My Pertamina. Khusus di Jawa Timur saja, terdapat 864 SPBU yang dapat memberikan pelayanan tersebut.

Rustam menyampaikan, terus didorongnya transaksi nontunai lewat aplikasi My Pertamina juga dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia. Layanan ini juga sebagai wujud penerapan protokol pencegahan Covid-19 di seluruh lini bisnis perusahaan. "Salah satunya dengan menerapkan pemberlakuan transaksi nontunai di SPBU. Apalagi petugas kan bertemu langsung dengan pelanggan,"ujarnya.

Dia mengingatkan, penggunaan benda-benda yang disentuh oleh banyak orang, termasuk uang tunai baik kertas ataupun logam, sebaiknya terus dikurangi di masa pandemi Covid-19. Karena virus penyebab Covid-19 bisa saja berpindah dari tangan satu orang ke orang lain melalui benda seperti uang tunai. "Apalagi pembayaran secara non tunai terbukti sebagai metode transaksi keuangan yang praktis, aman, efektif, dan efisien," kata Rustam.

Pembayaran Jadi Praktis

Untuk mendorong transaksi nontunai khususnya melalui aplikasi My Pertamina, PT Pertamina (Persero) menggencarkan promosi. Kemudahan dan kepraktisan metode pembayaran ini dirasakan petugas maupun pelanggan.

Petugas pengisian BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jemursari, Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur, Puji Santoso (50 tahun) mengatakan, pembelian BBM di sana memang sedang promo. "Jadi kalau konsumen bayarnya non tunai pakai aplikasi My Pertamina ada potongan Rp 250 per liter, khusus Pertamax," kata Puji kepada Republika, Jumat (16/10).

Puji mengatakan, promo tersebut diberikan perusahan seiring terjadinya peningkatan transaksi nontunai. Ia mengamati, peningkatan transaksi nontunai di SPBU tempatnya bekerja, terjadi sejak mulai mewabahnya Covid-19.

Puji mengatakan, saat ini rata-rata harian transaksi nontunai di SPBU tersebut sebanyak 38 transaksi. Padahal sebelum adanya Covid-19, transaksi nontunai di sana hanya belasan kali setiap harinya. "Kan banyak keuntungannya. Jadi setiap transaksi itu ada poinnya. Nanti bisa ditukar voucher untuk ikut undian berhadian atau tukar merchandise," ujar bapak dua anak tersebut.

Salah seorang pelanggan SPBU, Nurika Annisa (26 tahun) menilai, transaksi nontunai merupakan metode transaksi praktis, aman, dan efisien. Tanpa membawa uang tunai, ia sudah bisa melakukan pembayaran produk yang dibeli. Apalagi, transaksi nontunai rata-rata sudah bisa dilakukan lewat gawai.

"Lebih praktis. Sudah banyak platformnya jadi gampang, enggak pakai kartu langsung pakai handphone. Enggak perlu ngitung kembalian juga. Enggak ribet deh," kata dia.

tag: #pt-pertamina  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Bisnis

Digitalisasi, Kunci Adira Insurance Menangkan Pasar di Tengah dan Pasca Covid-19

Oleh windarto
pada hari Jumat, 04 Des 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pandemi virus Corona atau COVID-19 jelas menghantam perekonomian Indonesia. Sebagai gambaran, perekonomian Indonesia mengalami kontraksi 5,32% pada semester 1 2020 ...
Bisnis

BNI Raih Dua Penghargaan dari Bank Indonesia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2020 ini menjadi istimewa bagi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. Perseroan mendapatkan dua penghargaan ...