Oleh Givary Apriman pada hari Senin, 02 Nov 2020 - 18:03:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Mahfud MD Sebut Pemimpin Harus Adil, Iwan Sumule : Sampaikan Langsung Ke Jokowi

tscom_news_photo_1604315012.jpg
Iwan Sumule (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan kalau seorang pemimpin harus berlaku adil.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule mengatakan kalau seharusnya pernyataan tersebut disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo.

Sebab, kata Iwan Presiden Joko Widodo adalah pemimpin negeri ini, yang juga atasan dari Menko Mahfud dan dengan begitu, pemerintahan Joko Widodo tidak akan runtuh karena tidak berbuat adil.

Menurutnya, keadilan dan kemanusiaan adalah prinsip-prinsip utama dalam demokrasi dan keadilan dan kemanusiaan juga merupakan amanat konstitusi negara ini.

“Jadi Pak Mahfud semestinya sampaikan ceramah itu kepada Jokowi, jika memang Pak Mahfud tidak menghendaki Presiden Jokowi jatuh,” kata Iwan melalui keteranganya, Senin (02/11/2020).

Namun demikian, Iwan mempersilahkan bila mantan Ketua MK tersebut akan berceramah tentang keadilan kepada rakyat saja, jika memang menghendaki Jokowi jatuh di tengah jalan.

“Kalau ingin Jokowi jatuh sih, biarkan. Iya nggak sih?” demikian sambungnya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan bahwa setiap orang yang bersalah harus dihukum dan Pemimpin harus bertindak adil.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengutip hadits yang mengatakan bahwa kehancuran bangsa terdahulu disebabkan oleh penguasa yang tidak adil.


“Ketika diminta tidak menghukum orang yang bersalah Nabi Muhammad SAW mengatakan kepada keluarga Bani Mahzum, “Ketahuilah, hancurnya bangsa dan negara terdahulu disebabkan ‘jika ada orang besar bersalah dibiarkan tapi kalau ada orang kecil bersalah langsung dihukumkan hadd’ kepadanya”, kata Mahfud MD melalui akun Twitter pribadinya, @mohmahfudmd, Minggu (1/11).

tag: #prodem  #mahfud-md  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: I Nyoman Parta
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Adies Kadir
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ali Wongso Sinaga
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement