Berita
Oleh Rihad pada hari Friday, 11 Des 2020 - 00:01:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Novel Yakin OTT Masih Efektif Ungkap Korupsi

tscom_news_photo_1607616040.jpeg
Novel Baswedan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Penyidik Senior KPK Novel Baswedan menyatakan operasi tangkap tangan (OTT) cara paling ampuh mengungkap kasus korupsi. Pernyataan Novel ini menjawab anggapan sejumlah pihak yang menilai OTT bukan cara efektif dalam mengungkap kasus. Novel mengatakan, meski dalam OTT kerap bukti yang ditemukan nilainya kecil, tetapi itu bisa menjadi pintu masuk ungkap kasus yang lebih besar. Novel menyatakan hal itu dalam diskusi NgopiPolitikIDe dengan tema Hancurkan Korupsi atau Indonesia Hancur, Kamis (10/12).

"Ketika dilakukan operasi tangkap tangan itu semua masih hangat semua lah. Jadi alat buktinya masih real time masih ada semua. Sehingga ketika OTT, biasanya merupakan jalan untuk ungkap kasus yang besar," sambungnya.

Sebelumnya, Novel Baswedan menegaskan, pelemahan KPK akibat revisi Undang-Undang KPK merupakan sebuah kenyataan. Ia menilai, operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK dalam beberapa waktu terakhir, tidak dapat dijadikan alasan untuk menyatakan revisi UU KPK menguatkan Komisi Antirasuah.

"Upaya pelemahan KPK benar-benar ada. Jadi kalau ada yang justru seolah-seolah menetralisir menyampaikan seolah-olah KPK tak ada apa-apa, saya termasuk orang yang tidak setuju di sana," kata Novel dalam sebuah diskusi yang ditayangkan akun Youtube BEM UI, Senin (7/12/2020).

Novel mengatakan, revisi UU KPK jelas telah memangkas sejumlah kewenangan KPK serta membuat proses penindakan menjadi berbelit-belit karena penggeledahan, penyadapan, dan penyitaan kini harus seizin Dewan Pengawas KPK.

tag: #kpk  #ott-kpk  #novel-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Sambut Ramadhan, Puan: Jadikan Puasa Ini Untuk Introspeksi Diri

Oleh Bachtiar
pada hari Selasa, 13 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak masyarakat menjadikan bulan suci Ramadhan ini untuk meningkatkan ketakwaan, melatih kesabaran, serta meningkatkan rasa kepedulian pada ...
Berita

Tempat Wisata Dibuka, Mudik Dilarang, Netty: Membuat Masyarakat Bingung

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mengkritik keras kebijakan pemerintah yang membuka destinasi wisata namun melarang masyarakat untuk ...