Berita
Oleh Alsfian Risfil pada hari Jumat, 05 Jun 2015 - 18:41:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua DPR: Panglima TNI Siapa Saja Terserah Presiden

2novanto1.jpg
Setya Novanto (Sumber foto : Indra Kusuma)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Wewenang memilih Panglima TNI merupakan hak prerogatif Presiden. Karena itu siapapun yang dipilih sepanjang memenuhi syarat dan tidak melanggar UU terserah presiden.

"Terserah Presiden apakah ingin melanjutkan tradisi presiden sebelumnya dengan cara bergantian dari tiga angkatan AD, AL, AU atau menurut keinginan Presiden," kata Ketua DPR Setya Novanto, Jumat (05/06/2015).

Menurut, Novanto, yang punya wewenang menentukan Presiden sesuai kebutuhan. Bisa saja tidak meneruskan tradisi di era Abdurrahman Wahid (Gus Dur) hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Bagi saya silakan saja, tidak harus (giliran) dari ketiga angkatan. Pasti ada yang baik dan pasti ada kriteria yang cocok untuk kepentingan TNI," katanya lagi.

Lagi pula, kata politisi Partai Golkar ini, nama-nama yang diajukan Presiden belum tentu jadi, karena calon harus menjalani fit and proper test di DPR.

Berdasarjan ketentuan UU TNI nomor 34 Tahun 2004, syarat calon panglima TNI adalah anggota TNI aktif yang pernah atau sedang menjabat sebagai kepala staf dari tiga angkatan.

Dengan demikian seluruh kepala staf TNI saat ini, mempunyai peluang menjadi panglima TNI menggantikan Jenderal Moeldoko yang akan pensiun. Mereka adalah KSAU Marsekal Madya TNI Agus Supriatna, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmatyo.(ss)

tag: #Calon Panglima TNI  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Syarat Calon Independen Maju Pilgub DKI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 11 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjelaskan syarat bakal calon independen yang hendak maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Salah satunya ialah menyerahkan formulir ...
Berita

Sudah Sejauh Mana Kasus Dugaan Korupsi Di Telkomsigma?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kasus dugaan korupsi proyek fiktif di anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Sigma Cipta Caraka atau Telkomsigma periode 2017 - 2022 hingga kini belum ada kemajuan ...