Zoom
Oleh Rihad pada hari Thursday, 11 Feb 2021 - 21:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kisah Misteri Menghilangnya Jack Ma Mulai Terkuak

tscom_news_photo_1613053368.jpeg
Jack Ma (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Berbulan-bulan Jack Ma hilang dari kegiatan publik. Pendiri Alibaba Group tidak terlihat di publik setelah mengkritik bank sentral China dalam pidato di depan konferensi teknologi finansial pada Oktober 2020.

Belakangan, dia kedapatan sedang bermain golf di Resor Golf Sun Valley di Hainan, China. Dikutip dari Bloomberg, Kamis (11/2) Jack Ma bermain golf di Sun Valley Golf Resort. Sun Valley Golf Resort itu terletak di Pulau Hainan, tidak jauh dari daratan China. Resor yang memiliki lapangan golf dengan 27 lubang itu disebut menawarkan pemandangan hijau yang indah.

Akibat tidak muncul di publik, banyak spekulasi berkembang. Antara lain, ia melarikan diri ke Singapura. Ada pula yang menyebut, Jack Ma dikenakan tahanan rumah.

Ini adalah penampakan kedua setelah ia muncul dalam sebuah telekonferensi dengan guru pedesaan pada 20 Januari lalu. Agenda ini merupakan Penghargaan Guru Pedesaan Jack Ma, yang untuk guru berprestasi di pedesaan.

Apa Yang Terjadi Saat Jack Ma Menghilang?

Spekulasi tentang kemungkinan Jack Ma ditahan polisi, ditepis oleh Masayoshi Son, CEO Softbank yang mengaku berhubungan dengan Jack Ma Softbank adalah pendukung awal bagi Alibaba dengan mengucurkan modal bagi mereka sebesar USD 20 juta pada 20 tahun silam. Ketika Alibaba IPO tahun 2014, investasi itu bernilai USD 60 miliar.

"Tapi kami tidak selalu berbicara tentang bisnis. Jack Ma suka menggambar dan telah mengirim saya beberapa gambar," sebut Son tentang pembicaraan mereka, seperti dikutip dari CNN, (10/2/2021).

Son pun membalas dengan mengirim gambar yang ia buat. "Sekitar setengah jam, sebelum saya tidur, saya menggambar beberapa dan menunjukkannya pada dia," kata Son lagi.

Son menganggap Ma sebagai teman sepanjang hidup. Sebelum pandemi Corona melanda, mereka makan malam bersama setiap bulan untuk membicarakan tentang kehidupan dan pekerjaan. Son sempat menjadi direksi Alibaba dan Ma direksi Softbank.

Mengenai regulasi ketat yang mungkin akan diterapkan pemerintah China pada Alibaba dan Ant Financial, Son tidak mempermasalahkannya. "Regulasi itu diperlukan. Saya pikir apa yang mereka diskusikan saat ini adalah sesuatu yang sudah dilakukan di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa," kata Son.

Kronologi Menghilangnya Jack Ma

Jack Ma mengkritik regulator keuangan China dan bank-bank milik negara dalam pidatonya di Shanghai pada Oktober 2020. Melansir Daily Mail, Ma menyerukan reformasi sistem yang "menahan inovasi bisnis" dan menyamakan peraturan perbankan global dengan "klub orang tua".

Pidato Ma tersebut sontak membuat geram pemerintah China yang memandang kritik Ma sebagai serangan terhadap otoritas Partai Komunis.

Pada November 2020, para pejabat di Beijing menangguhkan penawaran umum perdana (IPO) senilai 37 miliar dollar AS (Rp 513,9 triliun) dari Ant Group miliknya atas perintah langsung Presiden Xi, menurut laporan Wall Street Journal.

China melakukan penyelidikan anti-monopoli ke dalam Alibaba Group Holding Ma. Beijing juga memerintahkan perusahaan teknologi keuangan Ma, Ant Group untuk mengurangi operasinya.

Batalnya peluncuran IPO perusahaan pembayaran Ma, Ant Group dilihat banyak orang sebagai langkah pembalasan pemerintah atas pidato Ma yang meledak-ledak di Shanghai pada Oktober.

Sejak saat itu, regulator telah bertemu dengan eksekutif dari Ant dan memerintahkan Ant untuk meningkatkan tata kelola perusahaan, kepatuhannya terhadap regulasi, dan kebiasaan menggunakan ukuran pemerintah untuk mendorong pesaing keluar dari pasar.

Investigasi anti-monopoli menyebabkan saham Alibaba turun seperempat tak lama setelah pidatonya pada Oktober, menghapus lebih dari 10 miliar dollar AS (Rp 139,1 triliun) lembar saham Ma.

Ini menjatuhkan Ma ke tempat ketiga dalam daftar orang terkaya di China, di belakang kepala eksekutif Panduoduo Colin Huang dan Pony Ma Huateng dari Tencent Holdings.

Ma sekarang diperkirakan memiliki kekayaan bersih 63,1 miliar dollar AS (Rp 876,9 triliun), menurut Bloomberg Billionaires Index.

Jack Ma kemudian menghilang dari acara TV "Dragons "Den-style Africa"s Business Heroes" sebelum final November, sementara fotonya dihapus dari halaman web panel penjurian acara.

Seorang juru bicara Alibaba mengatakan kepada Financial Times bahwa Ma tidak bisa lagi menjadi bagian dari panel juri "karena bentrokan jadwal". Namun, beberapa pekan sebelum final, Ma mengeluarkan tweet bahwa dia "tidak sabar" untuk bertemu kontestan.

Sejak saat itu, tidak ada aktivitas di akun Twitter ayah tiga anak itu, yang biasanya secara teratur mengunggah beberapa tweet setiap hari. Ma, yang menikah dengan Cathy Zhang (55 tahun), benar-benar menghilang dari pandangan publik untuk beberapa bulan.

Sikap hati-hati wajar dilakukan karena Pemerintah China cukup tegas terhadap para pengkritik.

Pada Maret 2020, taipan properti, Ren Zhiqiang, menghilang setelah dia menyebut Presiden Xi seorang "badut" karena penanganannya terhadap krisis virus corona.

Teman-teman Zhiqiang mengatakan mereka tidak bisa menghubunginya. Enam bulan kemudian dia dijatuhi hukuman 18 tahun penjara setelah dia "secara sukarela dan jujur" melakukan berbagai kejahatan korupsi.

tag: #china  #alibaba  #jack-ma  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Joe Biden Lebih Ramah kepada Muslimin Amerika

Oleh Rihad
pada hari Sabtu, 10 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Kondisi muslim Amerika semakin kondusif di bawah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Kebijakan presiden baru tersebut mengeluarkan kebijakan yang melindungi kaum ...
Zoom

Aturan Lengkap Larangan Mudik, Berlaku Menyeluruh

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah telah resmi melarang mudik Lebaran 2021. Aturan terkait larangan tersebut pun sudah terbit. Namun menurut survei masih ada sekitar 27 juta orang yang masih akan ...