Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 11 Mei 2021 - 13:34:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Soroti Test Wawasan Kebangsaan, Mardani Ali Sera: Kita Tak Ingin KPK Hancur Lebur

tscom_news_photo_1620714890.jpg
Gedung Merah Putih KPK (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera mengatakan, besarnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena para pegawai KPK yang berdedikasi selama ini.

Oleh karenanya, aneh jika pegawai seperti ini dianggap bermasalah wawasan kebangsaannya. Terlebih jika lihat berbagai pertanyaan nyeleneh yang ditujukan kepada mereka.

"Apakah inti permasalahannya karena mereka ‘radikal’ dalam memberantas korupsi?" Mardani mempertanyakan, Senin, (10/5/2021).

Saat ini, ada sekitar 75 pegawai KPK yang mau diberhentikan karena test wawasan kebangsaan yang berkaitan dengan alih fungsi sampai alih status kepegawaian KPK jadi ASN.

"Lucu jika melihat test ini karena secara peraturan per UU KPK yang baru tidak mengatur alih status kepegawaian KPK melalui test wawasan kebangsaan."

"Jika dilihat, kondisi kita dalam pemberantasan korupsi saat ini kian parah di bulan Ramadan, miris. Bulan yang semestinya membentuk pribadi kita yang anti korupsi dan anti suap. Dapat dikatakan upaya pemberantasan korupsi tidak hanya mau dikerdilkan/mau dilumpuhkan, tetapi memang ingin dimatikan," tegas Mardani.

Publik perlu menyadari bahwa KPK saat ini benar-benar ada diujung tanduk. Setidaknya ada 3 monumen reformasi, yakni KPK, KPU, hingga Mahkamah Konstitusi. Monumen yang didirikan oleh mahasiswa, LSM & akademisi di 1998.

"Kita tak ingin salah satunya hancur lebur dan jadi buta huruf terhadap keadilan," harapnya.

Mesti diingat, terkadang memberantas korupsi perlu dilakukan dengan ‘radikal’, karena para koruptor pun juga radikal. Alur, jenis tes sampai soal-soal dalam tes pun harus sudah dikurasi dengan baik. Jika sekarang menimbulkan pertanyaan publik, sesuai asas transparansi, mesti diumumkan ke publik.

Terkini, OTT yang KPK lakukan di Nganjuk justru dipimpin oleh pegawai KPK yang dikabarkan tidak lulus tes tersebut. Masih terus berprestasi meskipun diterpa isu tersingkir.

"Sekali lagi, kita perlu menjaga KPK, kita perlu merawat KPK, dan kita perlu mempertahankan KPK yang berintegritas. Kalau KPK ter suborganisasi terus menerus, maka tanda-tanda yang buruk bagi kemajuan bangsa ini," pungkas Mardani.

tag: #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement