Bisnis
Oleh Rihad pada hari Sunday, 01 Agu 2021 - 22:21:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengusaha Ingin Mall Mulai Buka Untuk Hidupkan Ekonomi

tscom_news_photo_1627824116.jpg
Suasana pusat pembelanjaan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pengusaha meminta mal dan pusat belanja dapat kembali beroperasi. Hal itu mengingat besok (2/8) merupakan berakhirnya pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Jawa dan Bali.

Selama penerapan kebijakan yang bertujuan mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19) itu, mal dan pusat belanja dilarang beroperasi.


"Pusat perbelanjaan berharap dapat segera beroperasi kembali paling tidak seperti sebelum pemberlakuan PPKM Darurat," ujar Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja, Minggu (1/8).

Alphonzus bilang pembatasan yang ada saat ini perlu dievaluasi oleh pemerintah. Ia menyebut bahwa pembatasan yang ada saat ini tidak berjalan dengan efektif.

Hal itu mengingat penularan kasus Covid-19 saat ini telah terjadi dalam komunitas kecil. Sehingga Alphonzus menyebut perlunya tindakan yang bersifat lebih mikro untuk mencegah penularan tersebut. "Pembatasan yang tidak efektif akan mengakibatkan kerugian dan beban berat bagi semua lapisan masyarakat," terang Alphonzus.

Sementara itu, penanganan Covid-19 di Indonesia masih bersifat makro. Oleh karena itu Alphonzus mengkhawatirkan pembatasan akan berkepanjangan akibat penanganan tidak fokus pada dasar atau akar permasalahan.

Sebagai informasi, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, hari ini terdapat penambahan 30.738 tambahan kasus positif. Meski begitu kasus aktif turun sebesar 10.312 kasus.

Kasus sembuh terus mengalami peningkatan dengan tambahan 39.446 kasus. Namun, kasus kematian masih menunjukkan angka tinggi dengan tambahan 1.604 kasus.

tag: #mall-tutup  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement