Oleh Bachtiar pada hari Sabtu, 23 Okt 2021 - 19:13:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Peringati Hari Santri Nasional, Hafisz: Peran Santri dan Ulama Sangat Vital Dalam Merebut Kemerdekaan Dari Penjajah

tscom_news_photo_1634991206.jpg
Achmad Hafisz Thohir Anggota Komisi XI DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Penetapan Hari Santri Nasional (HSN) dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama.

Peristiwa ini merujuk pada satu aksi bersejarah seruan Pahlawan Nasional KH. Hasjim Asy"ari pada 22 Oktober 1945.

"Perintah kepada umat Islam untuk berjihad melawan Tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," papar Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Achmad Hafisz Tohir kepada suarainvestor.com, di Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Seperti diketahui, Hari Santri Nasional (HSN) telah ditetapkan tanggal 22 Oktober 2015 oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Dikatakan Wakil Ketua umum PAN, sekutu tersebut adalah Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II yang akan mengambil alih tanah bekas jajahan Jepang. "Di belakang tentara Inggris ada pasukan Belanda yang ikut membonceng."

Hafisz menambahkan aspek lain yang melatarbelakangi penetapan HSN ini adalah pengakuan resmi Pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.

"Ini sekaligus merevisi beberapa catatan sejarah nasional, yang hampir tidak pernah menyebut peran ulama dan kaum santri," pungkasnya.

tag: #hari-santri-nasional  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement