Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 17 Des 2021 - 22:12:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Temuan Varian Omicron, DPR Minta Pemerintah Maksimalkan Tracing dan Testing

tscom_news_photo_1639753943.jpg
Gedung Wakil Rakyat (MPR, DPR, DPD RI) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- DPR meminta pemerintah serius memaksimalkan tracing dan testing terkait temuan Omicron di wisma atlet. Pasalnya, pasien yang terkonfirmasi tersebut adalah petugas kebersihan.

"Tentu saja, petugas tersebut terjangkit dari orang lain yang mungkin pernah dirawat disana," kata Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Daulay dalam keterangan tertulis, Jumat, (17/12/2021).

Saleh begitu sapaanya menilai, jika petugas kebersihan tersebut kelihatannya tidak pernah ke luar negeri. Karena itu, kata Saleh, kalaupun dia terjangkit pasti dari orang yang pernah dirawat di sana.

"Atau bisa juga di luar wisma. Nah, itu yang perlu dipastikan. Testing dan tracing diperlukan untuk mengetahui peta persebarannya," papar Saleh.

Saleh pun mengingatkan, varian omicron ini lebih berbahaya. Saleh meminta, agar penanganannya juga lebih ekstra.

"Pasien yang terkonfirmasi tersebut harus ditangani secara baik. Dipastikan bahwa pasien tidak menularkan ke orang lain. Karantina dan isolasinya perlu lebih ketat," tutur Saleh.

Meski demikian, Saleh yakin pemerintah, lebih siap menghadapi varian Omicron ini. Sebab, sebelum ditemukan di Indonesia, sudah ditemukan di negara-negara lain.

"Para akademisi dan epidemolog sudah mengingatkan mengenai bahaya Omicron. Mestinya, kita kan sudah siap. Tidak seperti persiapan kita ketika menghadapi varian Delta. Kita harapkan satgas mampu mengkanalisasi kasus omicron ini sehingga tidak meluas," tutur Saleh.

Disisi lain, lanjut Ketua Fraksi PAN DPR RI ini, masyarakat diminta untuk semakin berhati-hati dan waspada. Saleh menekankan, jika prokes harus ditingkatkan.

"Penerapan prokes tidak kenal levelisasi. Apa pun tingkat level PPKM-nya, prokes tetap sama. Itu yang perlu dipahami dan diterapkan bersama," pungkas Saleh.

tag: #varian-omicron  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TB Hasanuddin Mengecam Bentrokan Brimob dan Marinir di Sorong Papua

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 14 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengecam insiden bentrokan antara prajurit TNI dengan anggota polisi Brigade Mobil (Brimob) di Kota Sorong, Papua ...
Berita

TB Hasanuddin: Perubahan KKB Jadi OPM Lebih Realistis, Tapi Seluruh Lembaga Negara Harus Sepakat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengungkapkan  penyebutan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) memiliki ...