Oleh Wiranto pada hari Senin, 27 Des 2021 - 20:55:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Polisi Tangkap Penampung PMI yang Jadi Korban Kapal Terbalik

tscom_news_photo_1640613223.jpeg
Korban kapal tengelam (Sumber foto : Izt)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Polisi berhasil meringkus dua orang penampung sekaligus perantara para Pekerja Imigran Indonesia (PMI) yang menjadi korban kapal terbalik di perairan Tanjung Balau, Kota Tinggi, Johor Bahru Malaysia beberapa waktu lalu.

Mereka berinisial J dan As alias Ab, yang diamankan secara terpisah di kota Batam pada Jumat (24/12)

"Dari hasil pemeriksaan saksi-saksi serta olah TKP diduga kuat dua orang pelaku ini berkaitan dengan pengiriman calon TKI beberapa waktu lalu," ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt didampingi Dirreskrimum Polda Kepri Kombes Jefri Siagian dalam konferensi pers di Mapolda Kepri, Senin (27/12).

Kedua pelaku tersebut telah melakukan aksi mengirimkan warga negara Indonesia kerja ke luar negeri secara ilegal sejak setahun belakangan.

"Mereka ini tugasnya melakukan penjemputan calon PMI ke Bandara dengan kendaraan motor dan mobil. Lalu ditampung dan kemudian distribusikan ke pelabuhan gelap di wilayah Bintan," jelas Kombes Harry.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku telah mengakui perbuatannya. Dari keterangan pelaku pula, para calon PMI harus menyiapkan sejumlah uang untuk sampai ke Malaysia. Nominalnya pun bervariasi, bahkan mencapai Rp 45 juta.

"Harga bervariasi ya. Mereka (Calon PMI) tiba di Batam dan dikirim ke Bintan, baru berangkat ke luar negeri," ucap dia.

Harry menambahkan, dari tangan kedua pelaku polisi berhasil menyita barang bukti satu unit sepeda motor dan mobil toyota corona serta alat komunikasi berupa handphone serta beberapa tiket pesawat.

Selain itu, polisi juga menyita 7 unit speedboat dan 1 kapal kayu sebagai alat angkut para calon PMI ke luar negeri di wilayah Bintan.

"Satu kapal kayu dan satu kapal speedboat diduga alat transportasi untuk angkut calon TKI ilegal," terang dia

tag: #pekerja-migran-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement