Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 22 Feb 2022 - 17:49:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemuda Tani Indonesia: Bapanas Harus Dapat Sejahterkan Petani

tscom_news_photo_1645526987.jpg
Budisatrio Djiwandono Politikus Gerindra (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia dan juga ID Food Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) di Istana Negara

Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia Budisatrio Djiwandono menyampaikan ucapan selamat.

"Kami mengucapkan selamat atas terpilihnya Bapak Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional dan kami berharap Bapanas dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh pihak di bidang pangan,” ujar Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (22/2/2022).

Budi mendorong agar Kepala Bapanas yang baru saja dilantik dapat menyusun tim yang baik dan ideal.

"Karena Bapanas adalah lembaga yang menjadi harapan banyak pihak untuk dapat menyelesaikan persoalan pangan, Tim harus terdiri dari profesional yang memiliki pengalaman dan sebaiknya juga ada wakil dari Petani," saran Budi.

Menurutnya, banyak persoalan yang mesti dibenahi kepala Bapanas yang baru.

"Persoalan pertama yang harus diselesaikan segera adalah persoalan data pangan yang sering berbeda antara satu lembaga dengan lembaga yang lainnya," harap dia.

Selain itu Budi juga mengingatkan bahwa kurang dari 2 bulan akan memasuki bulan Ramadhan.

“Sebentar lagi kita akan menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri oleh sebab itu Bapanas harus bekerja ekstra untuk mengantisipasi pergerakan harga pangan yang cenderung naik menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, perlu kecermatan dalam mengambil langkah untuk stabilitas harga pangan," ujarnya.

Budi juga berharap agar Bapanas dapat menjamin ketersediaan pangan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat dan juga menguntungkan bagi petani.

“Selain ketersediaan pangan yang harganya terjangkau, kesejahteraan petani juga harus menjadi perhatian karena walaupun NTP Total Januari 2022 naik sampai 108,67 namun NTP Tanaman Pangan dan Peternakan mendekati batas impas 100 dan NTP Hortikultura dibawah 100 oleh sebab itu Bapanas harus dapat mensejahterakan Petani,” tutup Budi.

tag: #pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement