Oleh Bachtiar pada hari Senin, 04 Apr 2022 - 20:03:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Menteri Erick Minta Tak Ribut Soal Pertalite, Parta: Masyarakat Sulit Mendapatkannya

tscom_news_photo_1649077434.jpg
I Nyoman Parta Anggota komisi VI DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VI DPR, I Nyoman Parta mempertanyakan keseriusan Menteri BUMN Erick Thohir dan Dirut Pertamina yang meminta masyarakat tidak ribut soal BBM jenis Pertalite, karena ketersediaan BBM Pertalite stocknya mencukupi.

Pasalnya, lanjut Parta, hal itu berbeda dengan kenyataan yang ada di masyarakat.

"Pernyataan Menteri Erick Thohir dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati tidak sesuai dengan kondisi di lapangan, masyarakat sulit mendapatkannya," ungkap Politikus PDIP itu, Senin (4/4/2022).

Lebih jauh Parta-sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa sejumlah SPBU di wilayahnya kehabisan BBM Pertalite.

"SPBU di Jalan Supratman, Denpasar dan SPBU Kawasan Bukit Jati dan daerah Kemenuh Gianyar juga kosong," bebernya.

Legislator asal Pulau Dewata ini mengungkapkan, sejumlah fakta bahwa BBM jenis Pertalite tidak tersedia di banyak SPBU.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta masyarakat tidak perlu ribut-ribut terkait stok Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite yang dinilai langka di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU).

Erick memastikan stok BBM Pertalite sudah mencukupi, ditengah adanya kenaikan harga Pertamax yang membuat sejumlah masyarakat kemudian migrasi ke BBM RON 90 itu.

"Pemerintah sudah bilang sumbernya cukup. Tidak perlu ribut-ribut," kata Erick Thohir dalam tayangan Kompas TV, Minggu (3/4/2022).

Erick juga menyebut, Pertalite masuk dalam kategori BBM hijau. Kehadirannya, kata Erick memang ditujukan pemerintah untuk lebih meminimalisir penggunaan Premium sehingga bisa mengurangi polusi udara.

"Dan pemerintah hadir bagaimana Premium diganti ke Pertalite. Bagus Premium apa Pertalite? Pertalite. Apalagi Pertalite itu masuk kategori BBM Hijau sehingga yang namanya kerusakan udara polusi bisa dikurangi," imbuhnya.

Senada dengan Erick, Direktur Keuangan Pertamina Persero Emma Sri Martini juga mengatakan bahwa stok Pertalite nasional aman saat Ramadan 1443 H hingga Idul Fitri 1454 H nanti.

"Bicara stok, ketahanan, dan kesiapan dari kami (Pertamina) sudah memastikan kalau stok tidak ada masalah. Kita yakinkan konsumen bahwa kita bisa menjaga ketersediaan supply apalagi menjelang Ramadan dan persiapan Idul Fitri itu dipastikan aman tidak ada masalah," kata Emma Sri Martina saat melakukan pemantauan di sejumlah SPBU di Kota Makassar, Sabtu (2/4) kemarin.

Emma menyatakan Pertamina juga menjamin pihaknya telah mengontrol dengan baik terutama terkait ketersedian stok hingga distribusi ke seluruh SPBU.

tag: #pertalite  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement