Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 21 Sep 2022 - 20:00:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Terinspirasi Sandiaga Uno, Anak Muda Gorontalo Ini Presentasikan Pariwisata Indonesia di Polandia

tscom_news_photo_1663765219.jpg
Abdul Pakaya (berbaju orange) pemuda asal Gorontalo yang mempresentasikan budaya dan pariwisata Indonesia di Polandia (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Indonesia patut berbangga dengan generasi muda saat ini yang dengan penuh ketulusan dan keberaniannya memperkenalkan keanekaragaman budaya dan pariwisata pada masyarakat internasional.

Dalam rangka perayaan hari budaya yang diadakan di salah satu negara Eropa yakni Polandia, seorang pemuda asal Indonesia bernama Abdul Pakaya terpilih sebagai perwakilan Indonesia untuk mempresentasikan keanekaragaman budaya dan pariwisata yang ada di tanah air.

Abdul demikian ia disapa mahasiswa asal Desa Didingga, Gorontalo itu mengatakan, ia dipercaya untuk mempresentasikan keunikan budaya dan pariwisata Indonesia di Kota Lezno, Polandia dalam rangka perayaan hari budaya.

“Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini saya melalui program kepemudaan misi Uni Eropa bekerja sama dengan pemerintahan Kota Leszno dan Fundacja (organisasi kepemudaan) di Polandia, berkesempatan memaparkan keunikan budaya dan keelokan pariwisata Indonesia,” ucap Abdul dalam keterangan tertulis, Rabu (21/09/2022).

Sekedar informasi, Abdul adalah salah satu pemuda Indonesia yang sudah beberapa kali menciptakan prestasi yang membawa nama harum Indonesia. Sebelumnya, ananda Abdul sudah mendapatkan juara III lomba memasak di Festival Seni dan Budaya kota Leszno dan berperan aktif pada isu-isu pendidikan dan kebudayaan yang mengantarkannya menjadi presiden Tabur Kencana Nusantara, organisasi kepemudaan non profit di Indonesia.

“Selepas kegiatan lomba kemarin, pemerintah kota Leszno melalui organisasi kepemudaan, Fundacja mengundang saya untuk memperkenalkan Indonesia pada publik disalah satu gedung umum di daerah Plac Tadeusza Kościuszki," ucap pria berusia 20 tahun ini.

Berbicara budaya dan pariwisata, Abdul berpesan agar para pemuda pemudi Indonesia bangga dengan keanekaragaman budaya dan pariwisata yang ada di Indonesia.

Tak hanya bangga, Abdul juga menekankan agar para pemuda pemudi Indonesia berperan aktif memperkenalkan keindahan budaya dan pariwisata Indonesia ke mancanegara.

“Saya rasa penting bagi pemuda Indonesia untuk bergerak aktif dalam mempertahankan nilai budaya dan pariwisata Indonesia,” tutur Abdul.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Abdul mengutip, bahwasanya pemuda adalah jembatan diplomasi yang dekat dengan perkembangan sosial media serta kemampuan interaksi yang mumpuni untuk bisa membawa perkembangan pada pariwisata Indonesia.

"Pesan pak Menteri Sandiaga Uno itu menjadi nilai yang saya tanamkan," kata Abdul.

Masyrakat umum khususnya para pemuda kota Leszno bergantian menyaksikan presentasi budaya dari negara Eropa lainnya, Turkey, dan Uganda. Abdul sendiri menjadi satu-satunya dan pertama kali dari Indonesia yang mempresentasikan pariwisata Indonesia di Kota Leszno.

“Saya bersyukur bisa memaparkan tentang Indonesia khususnya pariwisata di hari peringatan budaya di Kota ini (Leszno). Menjadi sejarah baru dan privilege bagi kita bersama, Indonesia bisa dikenang di kota kecil seperti Leszno dengan populasi 60.000 penduduk,” ungkapnya bangga.

Terakhir, Abdul berharap agar sektor pariwisata Indonesia terus bergeliat dengan ditopang oleh kreasi dan inovasi berbasis teknologi seperti yang tengah digalakkan Menpar Sandiaga Uno.

“Saya berharap pariwisata Indonesia akan semakin maju dengan inovasi yang diciptakan oleh Pak Menteri Sandi seperti desa wisata dan pelatihan pendidikan pariwisata lainnya yang melibatkan gerakan pemuda Indonesia. Dan, insyaa Allah, saya bermimpi dan berharap untuk bertemu dengan Pak Menteri Sandi,” tutup Abdul dengan penuh harapan.

tag: #budaya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement