Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 30 Mar 2023 - 17:12:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Public Trust Polri Meningkat 70,8 Persen, PP AHSANU Nilai Polri Semakin Dicintai Masyarakat

tscom_news_photo_1680171148.jpg
Polri (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Rizqi Fathul Hakim, Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Pimpinan Pusat Ahlu Harakatissalaam Li Nahdlotil ‘Ummah (PP AHSANU) menyoroti peningkatan Kepercayaan Publik terhadap institusi Polri dibawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada tahun 2023 ini.

Menurut Rizqi, Kapolri Listyo Sigit Prabowo berhasil membawa institusi Polri semakin dicintai masyarakat Indonesia. “Fenomena keterlibatan sejumlah oknum petinggi Polri (Pati) dalam kasus Teddy Minahasa alias ‘TM’ dan dalam drama panjang kasus Ferdi Sambo alias ‘FS’ justru sebagai ujian yang menguatkan institusi Polri itu sendiri. Momentum ini secara tidak langsung telah membuktikan kepada publik bahwa Polri adalah institusi yang netral, demokratis, dan tentunya semakin dicintai dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia”.

"Kami yakin Polri akan menjadi lebih baik, lebih profesional dan juga lebih proporsional pasca tertangkapnya TM dan FS bersama sejumlah oknum Polri yang terlibat. Tentu peristiwa ini akan terus kami ingat. Dan semoga apa yang telah dicapai oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit beserta jajaran saat ini kelak akan menjadi teladan bagi generasi selanjutnya," katanya.

Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan kepercayaan publik terhadap Polri terus mengalami peningkatan, bahkan melebihi partai politik dan DPR RI, yakni dari 66,5 persen pada temuan Desember 2022, menjadi 70,8 persen.

Hal ini tercermin dari penanganan beberapa kasus yang dilakukan oleh Polri, di mana Polri terbukti mampu menindak tegas pelaku kejahatan tanpa pandang bulu. Dalam temuan Indikator Politik Indonesia menyebut penanganan terhadap kasus investasi bodong, KSP Indosurya, termasuk penerapan tilang elektronik berhasil meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri.

Sekedar informasi dan diketahui, jajak pendapat Indikator Politik Indonesia kali ini dilakukan dalam dua periode. Survei dilakukan pada periode Februari 2023 dan Maret 2023. Pada periode pertama, dilakukan pada 9-16 Februari dengan 1.220 responden. Kedua, jajak pendapat berlangsung pada 12-18 Maret, menempatkan 800 responden.

Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Pada periode pertama, asumsi metode simple random sampling, dengan responden memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sedangkan, pada periode kedua memiliki toleransi kesalahan sekitar 3.5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara, Imam Maksum Amrullah, Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Ahlu Harakatissalaam Li Nahdlotil ‘Ummah (PP AHSANU) mengatakan, "Wajar bila Kerja keras Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta tim seluruh anggota Polri se tanah air diacungi jempol, karena Polri berhasil menjaga dan mengembalikan marwah korps Bhayangkara ke arah lebih baik, menjadi inspirasi sebagai lokomotif pembentuk karakter bangsa yang teladan," ujar Imam juga Kepala Pondok Pesantren Al-Um Pagentongan-Bogor.

Polri juga akan menyediakan Mudik Gratis pada Idul Fitri 2023. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tengah menyiapkan fasilitas untuk masyarakat yang akan menuju kampung halamannya pada Lebaran 2023.

Melalui pernyataan Kadivhumas Polri Irjen. Pol. Dedy Prasetyo membeberkan bahwa Polri terus mematangkan persiapan menghadapi arus mudik. Kadivhumas menegaskan, Polri akan menggelar Operasi Ketupat 2023 sejak H-7 Idul Fitri hingga H+7. Bahkan, tak menutup kemungkinan akan diperpanjang masa operasinya.

Hal tersebut diapresiasi oleh Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Pimpinan Pusat Ahlu Harakatissalaam Li Nahdlotil ‘Ummah (PP AHSANU), Rizqi Fathul Hakim, ia mengatakan, "Ditengah ujian berat yang dihadapi Polri, pelayanan kepada masyarakat selalu menjadi hal yang utama bagi kepolisian. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menyediakan mudik gratis serta strategi pengamanan mudik 2023 yang aman dan lancar. Hal tersebut patut kita apresiasi," ujar Rizqi.

tag: #polri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...