Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 27 Mei 2023 - 20:30:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Keakraban Puan dan Gibran, dari Nge-Mal Hingga Nonton Konser Bareng di Solo

tscom_news_photo_1685194216.jpg
Puan Maharani dengan Gibran (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani berakhir pekan di Solo, Jawa Tengah. Ia pun menikmati akhir pekan berkeliling Solo ditemani Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Puan mendarat di Solo pada Sabtu (27/5/2023) sore disambut Gibran serta Bupati Sukoharjo Etik Suryani, dan Bupati Klaten Sri Mulyani. Dari Bandara Solo, mereka lalu menuju Solo Paragon Mall.

Di Solo Paragon Mall, Puan tampak mengelilingi pusat perbelanjaan tersebut sambil mengobrol akrab dengan Gibran yang juga merupakan politikus PDIP. Gibran terlihat menemani Puan melihat UMKM di Solo Paragon Mall, salah satunya adalah stand batik yang sedang mengadakan pameran.

Puan pun membeli beberapa potong batik di stand pameran itu. Sesekali tampak Puan berbincang dengan masyarakat yang sedang berada di mal. Tak jarang, Puan diminta untuk selfie bersama oleh pengunjung Solo Paragon Mall.

“Biasanya saya datang ke sini urusannya resmi, urusannya ruwet, jadi sekarang nggak mau ruwet, mau santai. Sudah lama nggak ke Solo, ini diajak mas Wali jalan-jalan keliling Solo,” kata Puan saat ditanya wartawan tentang agendanya di Solo.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu banyak melihat produk-produk lokal yang dijual di Solo Paragon Mall. Bahkan Puan sempat membeli es teh di gerai Teh Gardu dan membagi-bagikannya kepada warga Solo yang sedang berkunjung ke mal.

“Besok rencana mau ke car free day (CFD) sama ke Solo Safari. Saya belum pernah ke Solo Safari jadi mau diajak Mas Wali ke Solo Safari,” ucapnya.

Puan memang dijadwalkan menyapa masyarakat Solo Raya dalam kunjungannya di akhir pekan ini. Selain menghadiri CFD yang juga akan didampingi oleh Gibran, esok hari Puan berencana berjalan kaki sampai ke Pasar Gede, Solo.

Aktivitas Puan di Solo memang merupakan hal biasa, mengingat ia merupakan anggota DPR yang berasal dari dapil Jawa Tengah V meliputi Solo Raya. Oleh karenanya, ia terbiasa melakukan rutinitas bersama kepala daerah dari PDIP yang memimpin wilayah di dapilnya.

“Ini dapil saya, sudah mau 3 periode. Jadi memang biasa ke sini menengok dapil. Jadi kita bekerja nggak sendiri-sendiri, ini kan juga ada Bupati Klaten, Bupati Sukoharjo,” sebut Puan.

Usai berbelanja di Solo Paragon Mall, Puan bersama Gibran kemudian menikmati makan malam di Sumber Bestik Pak Darmo, sebuah warung makan sederhana yang ada berada di daerah Laweyan, Solo. Duduk berdua satu meja, Puan dan Gibran terlihat mengobrol santai sambil menikmati bestik sapi dan nasi goreng.

Puan dan Gibran juga sempat ngevlog bareng mereview makanan menu yang mereka nikmati di Rumah Makan Sumber Bestik Pak Darmo. Puan mengaku senang bisa menikmati makanan khas Solo.

“Senang sekali nyobain makanan-makanan Solo. Saya makan bestik sapi sama nasi goreng. Kalau Mas Wali sukanya apa?” tanya mantan Menko PMK itu.

“Bestik juga,” jawab Gibran.

Selesai makan malam, Puan kemudian diajak Gibran melihat Night Market Ngarsopuro, kawasan wisata malam Solo yang berada di depan Istana Mangkunegaran. Kepada Puan, Gibran menceritakan kegiatan UMKM di Night Market Ngarsopuro yang kembali ia hidupkan setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Puan terlihat bersemangat melihat berbagai stand UMKM yang menjual beraneka ragam produk mulai dari fashion, kuliner, hingga suvenir khas Solo.

Tak berhenti sampai situ, Gibran malam ini juga mengajak Puan menonton konser Dewa yang digelar di Auditorum Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

“Habis makan, diajak Mas Wali nonton konser Dewa,” ujar Puan.

Selain menyaksikan aksi panggung Dewa, Puan dan Gibran juga menonton penampilan Ari Lasso, Ello, Ardhito Pramono dan sejumlah penyanyi lainnya di konser tersebut.

*Tak Ada Agenda Politik Khusus*

Puan menyatakan tak ada agenda politik khusus dalam kunjungannya ke Solo kali ini. Ia menyebut kedatangannya untuk bertemu dan menyapa masyarakat Solo.

“Agenda politiknya, ya saya ke sini sama Mas Wali. Artinya ya bareng. Itu aja,” kata Puan menjawab pertanyaan wartawan.

Dikonfirmasi apakah ada rencana Puan menjadikan Gibran sebagai juru kampanye dalam Pileg dan Pilpres, Puan mengatakan semua kepala daerah dari PDIP mengemban tugas tersebut. Seperti diketahui, Puan merupakan Ketua Tim Pemenangan PDIP untuk Pileg dan Pilpres 2024.

“Setiap kepala daerah PDI Perjuangan pasti harus menjadi motor terdepan partai,” tegasnya.

Puan juga diminta menanggapi soal pertemuan Gibran dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga akan maju pada pilpres mendatang. Ia lalu bertanya langsung kepada Gibran di hadapan wartawan bagaimana pertemuannya dengan Prabowo.

“Nggak gimana-gimana,” ucap Gibran.

“Tuh nggak gimana-gimana katanya. Tanyanya ke Mas Wali dong, kan Mas Gibran yang ketemu Mas Prabowo,” timpal Puan.

Mengenai perkembangan koalisi PDIP dengan partai lain di Pilpres 2024, Puan menyatakan PDIP sudah menjadwalkan pertemuan dengan sejumlah ketua umum pertai politik dalam waktu dekat. Ia juga memastikan PPP sudah sepakat bergabung dengan PDIP untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres.

“Kan sudah bergabung PPP dengan PDI Perjuangan. Sudah ada pertemuan antara Ketua Umum PDIP dan Ketum PPP. Ini yang sama-sama kita hari ini sepakati, kesamaan niat untuk calon presiden yang sama, dan kesamaan Pileg dan Pilpres yang akan datang,” papar Puan.

Cucu Bung Karno itu pun menanggapi soal hasil Survei Litbang Kompas terbaru yang menyebut ada penurunan elektabilitas Ganjar Pranowo. Puan mengatakan, hasil survei tersebut menjadi evaluasi untuk PDIP.

“Menjadi tantangan untuk dievaluasi, semoga ke depan bisa baik-baik. Insyaallah,” tutupnya.

tag: #puan-maharani  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Lainnya
Berita

BPKH Tunjuk UUS Bank DKI Sebagai Bank Pengelola Keuangan Haji

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Jul 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI mendapatkan kepercayaan dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai salah satu Bank Umum Pengelola Keuangan Haji yang melaksanakan ...
Berita

Jaringan Nasional Anti Perdagangan Orang Akan Selenggarakan Pertemuan Nasional di Batam

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Jaringan Nasional Anti Tindak Pidana Perdagangan Orang (JarNas Anti TPPO) akan menyelenggarakan Pertemuan Nasional pada 30 Juli hingga 1 Agustus 2024 di Yelloo Hotel, ...