Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 22 Sep 2023 - 17:42:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Fadel Muhammad Harap Komoditas Kelapa Indonesia Makin Mendunia

tscom_news_photo_1695379368.jpg
Fadel Muhammad (Sumber foto : MPR)

GORONTALO (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad memenuhi undangan khusus Bupati Kabupaten Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo untuk menghadiri open ceremony even dunia Coconut Day 2023 kerjasama Internasional Coconut Community (ICC) dengan Pemkab Gorontalo, yang digelar di lapangan Kantor Pemkab Gorontalo, Kamis malam (21/9/2023).

Dalam sambutannya, sebagai Pimpinan MPR, Fadel Muhammad sangat menyambut baik dan mendukung gelaran bertaraf global tersebut.

"Kegiatan Ini juga merupakan kebanggaan luarbiasa buat rakyat Gorontalo bahwa daerahnya dipercaya menjadi tuan rumah. Saya pribadi menyambut gembira dan berterima kasih kepada Bupati Gorontalo dan ICC yang berupaya keras membuat even ini megah dan berkesan serta berdampak positif untuk rakyat," katanya.

Ketua Umum DPP Masyarakat Agribisnis dan Agroindustri ini mengungkapkan, ketika masih menjabat Gubernur Gorontalo, Fadel Muhammad memilih kelapa menjadi salah satu produk komoditi unggulan Gorontalo selain jagung.

"Waktu itu, kami memakai sistem tumpang sari. Jagung kami tanam di sekeliling kelapa dan tenyata kedua komoditi hasilnya sangat baik," imbuhnya.

Anggota DPD RI Dapil Provinsi Gorontalo ini berharap ke depan, kelapa bisa menjadi komoditi jangka panjang bukan hanya di Gorontalo, tapi juga di daerah-daerah lain. Sebab, kelapa sangat menjanjikan. Semuanya, dari akar hingga buahnya bisa menjadi produk yang menghasilkan dan bisa dijadikan produk-produk lainnya selain untuk dikomsumsi.

"Karena industri turunannya sangat banyak, saya harap hilirisasi dari produk kelapa ini segera dilaksanakan di Gorontalo dalam skala yang lebih besar lagi. Sehingga bisa masuk program hilirisasi produk pangan nasional yang sedang digalakkan pemerintahan Presiden Joko Widodo," ungkapnya.

Hal ini, lanjut Fadel Muhammad, penting untuk diperhatikan. Sebab, kelapa sangat dekat dengan rakyat produksi langsung rakyat. Maka, jika pemerintah pusat dan daerah memberi dukungan, akan memberi semangat kepada para petani kelapa. Semangat para petani akan menaikkan produksi dan pada ujungnya, menaikkan kesejahteraan petani.

"Pasca kegiatan ini, saya minta Bupati bisa menyebarkan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia sehingga Indonesia dan Gorontalo lebih dikenal lagi secara lebih luas," pungkasnya.

Hadir dalam acara, Bupati Kabupaten Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo, Perwakilan Menteri Menkop dan UMKM RI, Perwakilan Menteri Lingkungan Hidup RI, para Duta Besar negara-negara Non Blok, Executive Director ICC Dr. Jelfina C. Alouw, Perwakilan Pj. Gubernur Provinsi Gorontalo.

Turut hadir juga delegasi peserta dari beberapa negara (Perancis, United Kingdom, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, India, Sri Lanka), unsur Forkopimda Kabupaten dan Kota, Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Pimpinan Perbankan di Gorontalo, para sponsor dan tamu undangan serta ratusan masyarakat sekitar.

Acara open ceremony ini sendiri berlangsung lancar dan sangat meriah. Tamu VIP dan undangan serta masyarakat disuguhkan beberapa pagelaran seni budaya seperti tarian dan atraksi mengupas kelapa hanya menggunakan gigi serta pameran berbagai produk kuliner berasal dari kelapa.

Di sesi akhir, Fadel Muhammad dan seluruh tamu undangan VIP mendampingi Bupati Kabupaten Gorontalo menerima dana CSR atau dana Tanggung Jawab Sosial (TJS) dari Bank SulutGo sebesar Rp700 Juta dan penyerahan secara simbolik dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bohusami dari Bank SulutGo kepada masyarakat penerima manfaat.

tag: #fadel-muhammad  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement