Ragam
Oleh Aris Eko pada hari Sabtu, 11 Jul 2015 - 17:19:34 WIB
Bagikan Berita ini :
Info Inspiratif

Valentino Deng, Bocah Pengungsi yang Jadi Menteri Pendidikan

31valentinodeng.jpg
Valentino Achak Deng (Sumber foto : bbc )

SUDAN SELATAN (TEROPONGSENAYAN)--Perang brutal di Sudan membuat Valentino Achak Deng berjalan berbulan-bulan melintasi ganasnya alam menuju Ethiopia dan Kenya. Itu dulu. Kini Achak Deng adalah Menteri Pendidikan.

“Bila seseorang bersikap positif dan optimis, hal-hal baik akan terjadi,” kata Achak Deng menteri pada Northern Bahr el-Ghazal, salah satu negara bagian Sudan Selatan. Dia kini harus tampil rapi, padahal dulu compang-campung jadi pengungsi.

Deng yang saat mengungsi dipindahkan dan sekolah di Amerika ini memiliki ambisi besar bagi anak-anak di wilayahnya. Kisah hidupnya ditulis oleh Dave Eggers, dalam buku laris berjudul What is the What.

“Pelajaran yang saya dapatkan adalah manusia bisa selalu belajar, berhasil melalui masa sulit dan gigih dan bertumbuh. Sangat menyenangkan melihat anak-anak yang berhasil – semuanya tersenyum dan memiliki kisah sukses,” ujarnya.

Deng mendirikan sekolah menengah Marial Bai pada 2008, dua tahun setelah buku What is the What diterbitkan. Berhasil mendirikan sekolah inilah yang mengantarkan Deng diangkat menjadi Menteri Pendidikan.

“Saya ingin anak-anak dari Northern Bahr el-Ghazal belajar bersama anak-anak dari ke sembilan negara bagian Sudan Selatan lainnya, dan mengambil manfaat dari lingkungan antar-budaya itu,” ujar Deng yang senantiasa optimis dan berpikir positif ini.(ris/bbc)

tag: #deng  #pengungsi  #menteri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...