Ragam
Oleh Diyah Kusumawardhani pada hari Selasa, 14 Jul 2015 - 14:42:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Wow, Uber Akan Beli Mobil Yang Mampu Menyupir Sendiri

88Uber-Liverpool.jpg
Aplikasi Uber (Sumber foto : Isimewa)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Meskipun mendatangkan kritik dari para sopir taksi, Uber berencana merangkul perusahaan kendaraan otonom.

CEO perusahaan Travis Kalanick menyebutkan ia bermaksud untuk membeli semua mobil Tesla yang mampu berkendara sendiri (self-driving), jika mereka dapat dibuat dalam enam tahun ke depan. Hal ini seperti mengeluarkan sopir taksi dari bisnis taksi itu sendiri.

Kalanick menyebutkan, mobil self-driving adalah masa depan. Ia menambahkan, jika mobil-mobil Tesla telah otonom pada 2020, maka ia akan membeli sebanyak 500.000 unit.

Tesla sendiri, menurut CEO Tesla, Elon Musk, saat ini sedang mengujikan 12 mobil otonom di jalan-jalan California.

Musk sebelumnya mengatakan bahwa manusia bisa dilarang mengemudi di tahun-tahun mendatang, dan semua mobil akan dikendalikan oleh robot. Ia juga menyebutkan bahwa komputer suatu hari akan mengemudi jauh lebih baik daripada manusia dan bahwa manusia akan menjadi 'terlalu berbahaya' di belakang kemudi.

"Ini akan menjadi seperti lift. Mereka digunakan untuk memiliki operator lift, dan kemudian kami mengembangkan beberapa sirkuit sederhana untuk mengoperasikan lift secara otomatis menuju ke lantai yang Anda inginkan. Mobil juga akan menjadi seperti itu,” katanya kepada CEO NVidia, Jen-Hsun Huang di konferensi tahunan perusahaan pengembang pada bulan Maret lalu.

Musk mengatakan, jawaban yang jelas untuk menjaga manusia aman di jalan adalah dengan melarang mereka mengemudi, karena “Itu terlalu berbahaya,” katanya seperti dikutip dari The Verge.

Sementara itu, Uber sendiri awalnya merupakan perusahaan internet asal Amerika yang menghubungkan pengemudi dengan pengendara. Arsitek dibalik kelahiran Uber adalah Garret Camp dan Travis Kalanick yang bertemu pada tahun 2008 di sebuah konferensi teknologi di Paris, dimana Garret menceritakan idenya untuk menjalankan layanan mobil mewah yang nyaman dan terjangkau. Setahun kemudian, Uber (saat itu bernama UberCab) diluncurkan. Garret memiliki ide ingin memecahkan masalah besar di San Fransisco, yaitu sulitnya mendapatkan taksi. Saat ini Uber beroperasi tidak hanya di San Fransisco, tapi di lebih dari 250 kota di 50 negara, termasuk di Indonesia. Mereka memiliki rencana menciptakan satu juta pekerjaan pada tahun 2015, dan memiliki impian dimana pengendara tidak perlu lagi membeli sebuah mobil karena berkendara dengan Uber akan menjadi alternatif yang lebih murah nantinya. (dailymail/mnx)

tag: #Uber gandeng perusahaan mobil self-driving  #sejarah uber  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...