Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 18 Sep 2015 - 16:10:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Mahasiswa Riau Sejabodetabek Tuntut Jokowi Tuntaskan Kebakaran Hutan

98IMG_20150918_144508.jpg
Mahasiswa Riau Melakukan Aksi Demonstrasi (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ratusan mahasiswa asal Riau yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Riau (Fomaari) Jabodetabek siang ini menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jumat (18/09/15).

Mereka mengaku geram dengan persoalan kebakaran hutan yang sudah seringkali terjadi di wilayahnya, namun akar permasalahannya tak kunjung usai.

Oleh karena itu, para demonstran mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung dan segera menuntaskan bencana kabut asap yang sudah menyelimuti Riau selama dua bulan terakhir.

"Kami mendesak Presiden serius mengatasi pembakaran hutan di Riau, tindak tegas perusahaan yang terlibat pembakaran," kata Koordinator Lapangan (Korlap), Azrizal Nasri di depan Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Ia mengatakan, udara di Riau selama ini semakin hari semakin mengancam keselamatan dan kesehatan masyarakat.

“Buruknya tata kelola kehutanan selama ini disebabkan pembiaran oleh pemerintah bagi perusahaan untuk mengeksploitasi hutan di Riau," katanya.

Ia menduga, ada peran pemerintah dalam pembiaran terhadap perusahaan untuk membuka lahan dengan cara membakar, sehingga praktik-praktik kotor terus terjadi. Untuk itu, para demonstran menuntut Jokowi segera melakukan penanganan serius untuk betul-betul menuntaskan kabut asap di Riau.

Dalam aksinya, sebagian mahasiswa menggunakan masker sebagai bentuk keprihatinan mereka terhadap bencana asap yang menimpa saudara-saudara mereka di Riau. Tampak jua beberapa spanduk bertuliskan jeritan dan tuntutan masyarakat Riau kepada pemerintah. (mnx)

tag: #kabut asap di riau  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...
Berita

Bamsoet Ajak Pendukung Anies dan Gandjar Serta Seluruh Elemen Bangsa Perkuat Persatuan Indonesia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengingatkan dalam waktu sekitar lima bulan ke depan, bangsa Indonesia akan dihadapkan pada ...