Opini
Oleh Fuad Bawazier (Mantan Menteri Keuangan) pada hari Minggu, 20 Sep 2015 - 21:51:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Sita Lahan Terbakar Untuk Negara!

62Fuad Bawazier 004.jpg
Fuad Bawazier (Sumber foto : Eko S Hilman/TeropongSenayan)

Lihatlah betapa tidak berdayanya penguasa politik Indonesia (pemerintah) dan aparat penegak hukum menghadapi mafia pembakar hutan/lahan di Sumatera yang sudah 17 tahun berlangsung dan mengganggu kesehatan penduduk Sumatera maupun negeri tetangga.

Padahal urusannya amat sederhana dan mudah dicegah kalau saja pemerintah "berani" melawan mafia pembakar hutan ini. Bukankah kalau pemerintah serius mau mencegah pembakaran hutan tinggal bikin aturan (bila perlu Perppu) bahwa semua lahan yang terbakar atau terbakar otomatis diambil alih negara!!!

Pasti tidak ada lagi pembakaran hutan. Mereka pemilik lahan justru akan menjaganya karena takut disita negara. Tapi lihatlah apa yang dilakukan pemerintah, yang berpura-pura ber-statement tegas dengan mengerahkan ribuan aparat penegak hukum dan mengancam akan menindak pembakar hutan serta akan mencabut izinnya bila terpaksa atau bila tebukti bersalah.

Statement-statemen pemerintah itu jelas tidak tegas dan bersayap sekedar untuk konsumsi publik dalam negeri maupun luar negeri. Padahal kebijakan seperti disarankan pasti akan didukung publik.

Saya menangkap pernyataan dan langkah-langkah pemerintah itu hanya pura-pura, sebab sebenarnya takut atau merasa "tidak enak" pada mafia hutan. Keadaan asap tebal sebetulnya sudah memenuhi kondisi "kegentingan yang memaksa" untuk terbitnya Perpu.

Ada juga yang menduga bahwa "kebancian pemerintah" tidak terlepas karena keterlibatan dan kepentingan oknum pejabat atau mantan pejabat. Tanpa ketegasan pemerintah atau bukti nyata kemampuan pemerintahan Jkw-JK memadamkan api kebakaran, krisis kepercayaan kepada pemerintah Jkw- JK akan semakin parah dan meluas.

Akibatnya, Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi tidak direspon pasar karena pasar sudah tidak percaya pada keseriusan dan komitmen pemerintah.(*)

TeropongRakyat adalah media warga. Setiap opini/berita di TeropongRakyat menjadi tanggung jawab Penulis.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #fuad  #lahan  #terbakar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Prabowo Subianto dan Diktatorship Kerakyatan

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Sabtu, 11 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Spontan rakyat Indonesia kaget dengan pernyataan politik terbaru Prabowo Subianto: "Bersama Saya atau Diam Menonton!". Hal itu dinyatakan Prabowo kemarin pada ...
Opini

Prabowo dan Gaza Solidarity Encampment

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden terpilih Prabowo Subianto melakukan gerakan internasional melalui pikirannya yang dia suarakan di salah satu kolom majalah terbesar eropa, "the ...