Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Jumat, 02 Okt 2015 - 22:41:05 WIB
Bagikan Berita ini :

GPII: Islam Yes, NKRI Yes

59IMG20151002203833.jpg
Karman saat memberikan sambutan dalam acara Milad ke-70 GPII (Sumber foto : Ahmad Hatim Benarfa/TeropongSenayan )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) merayakan milad ke-70 dan Mukernas di wisma PHI, Cempaka Putih, Jakarta Selatan, Jumat malam (2/10/2015). Acara tersebut mengusung tema "Islam Yes, NKRI Yes".

Ketua Pengurus Pusat GPII Karman BM mengatakan, pilihan tema tersebut berpijak pada sejarah awal kelahiran GPII. Menurutnya, GPII berdiri atas perjuangan para pemuda yang disatukan oleh semangat keislaman dan kecintaan terhadap tanah air.

"Secara historical coast, sejarah kemunculan GPII tidak lepas dari dua nilai-nilai ini, yaitu Islam dan NKRI. GPII lahir dari rahim perjuangan revolusi kemerdekaan dengan tujuan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan memperjuangkan Islam sebagai nilai kehidupan kebangsaan dan kenegaraan kita," kata Karman dalam pidato sambutannya dalam acara Milad Ke 70 dan Mukernas GPII di Wisma PHI, Cempaka Putih, Jakarta, Jumat malam (2/10/2015).

Karman menegaskan bahwa Islam dan NKRI merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan.

"Reaktualisasi konsep perjuangan pemuda Islam dan rekomitmen kami ejawantahkan dalam tema resepsi Milad ke 70 tahun GPII dengan istilah kembali ke khittah 45 yakni Islam Yes, NKRI Yes. Islam dan NKRI ibarat badan dan nyawa, kira-kira begitulah cita-cita para pendiri GPII," imbuh Karman.

Karman menambahkan dengan tata nilai islam sebagai dasar perjuangan, maka terbangun dalam semangat rakyat Indonesia untuk saling bahu membahu merebut kemerdekaan. Disisi lain, ucap Karman, NKRI dipercaya sebagai wadah hidup dan tumbuhnya nilai-nilai Islam sebagai penopang peradaban bangsa.

"Islam dan NKRI merupakan kesatuan yang perlu kita afirmasi. Sejenak ketika kita merenungkan kembali sejarah bangsa ini, tapi Islam seringkali dicurigai dan dianggap sebagai anti nasionalisme," tandasnya.(yn)

tag: #milad gpii  #gpii  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement