Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Jumat, 23 Okt 2015 - 14:44:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Satu Hektare Lahan Terbakar di Mandau, Kabut Asap Makin Pekat

55kabut-asap-mandau.jpg
Pemadam kebakaran lahan gambut dibantu warga Desa Batin Sobanga, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, terus dilakukan, meskipun sudah sepekan pemadaman dilakukan api hingga saat ini tak kunjung padam. - See more at: http://www.goriau.com/berita/peristiwa/satu-hektare-lahan-terbakar-di-mandau-pemadaman-selama-sepekan-api-tak-kunjung-padam.html#sthash.jtAoWcHn.dpuf (Sumber foto : GoRiau.com)

BENGKALIS (TEROPONGSENAYAN) - Kabut asap pekat yang menyelimuti Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, ternyata tidak hanya kiriman dari provinsi tetangga.

Kabut asap dari lahan gambut kosong di Desa Batin Sobanga, sudah selama satu pekan ini terbakar dan tak kunjung bisa dipadamkan.

"Luas lahan gambut kosong yang terbakar 1 hektare. Sudah 1 minggu (sepekan, red) ini warga bergotong-royong melakukan pemadaman, tapi api tak kunjung padam. Malah, asap pekat yang semakin banyak," ujar Pj Kades Batin Sobanga, Dadang Mustari dikutip GoRiau.com, Jumat (23/10/2015) siang.

Sulitnya pemadaman, sambungnya, karena lokasi lahan gambut yang terbakar berjarak sekitar 1 kilometer dari jalan raya. Sehingga pada saat pemadaman diperlukannya bantuan dari BPBD-Damkar Kecamatan Mandau dan PT RAPP.

"Memadamkan api dilahan gambut lebih sulit ternyata. Memadamkan api itu dibuat tiga titik selang. Sebab, jika tidak akan lambat memadamkan api dan kabut asap terus saja menebal. Belum lagi asap dari pabrik kelapa sawit terdekat dan asap kiriman dari daerah lain," jelasnya.

Jarak pandang di desa pemekaran Desa Kesumbo Ampai itu, terang dia, hanya sekitar 20 meter. Sehingga warga pun lebih berhati-hati melajukan kendaraannya.

"Pendeknya jarak pandang membuat warga tetap siaga memantau titik api, agar tidak meluas. Begitu ada yang terbakar, warga segera melakukan pemadaman," tutup Dadang.(yn)

tag: #kabut asap  #mandau  #riau  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...
Berita

Bamsoet Ajak Pendukung Anies dan Gandjar Serta Seluruh Elemen Bangsa Perkuat Persatuan Indonesia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengingatkan dalam waktu sekitar lima bulan ke depan, bangsa Indonesia akan dihadapkan pada ...