Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 04 Nov 2015 - 21:58:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Kapolri Janji Umumkan Perusahaan Pembakar Hutan Pekan Ini

69BadrodinHaiti(indra).jpg
Badrodin Haiti (Sumber foto : Indra Kusuma)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Setelah berbagai pihak mendesak agar perusahaan pelaku pembakaran hutan diungkap, akhirnya Kapolri Jenderal Badrodin Haiti berjanji akan mengumumkan korporasi yang melakukan pembakaran hutan.

Saat ini, kata Badrodin, pihaknya tengah fokus melakukan penyidikan terhadap perusahaan-perusahaan tersebut.

"Mudah-mudahan pekan ini (diumumkan)," kata Badrodin di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Ia mengaku, baru ada satu perusahaan yang diduga terlibat dalam pembakaran hutan yang cukup berat dan menimbulkan kabut asap selama berminggu-minggu. Namun untuk pelaku perseorangan, Polri sudah menyerahkan seluruh berkas kepada Kejaksaan.

Menurut Badrodin, sebanyak 50 orang yang diduga melakukan pembakaran hutan dengan sengaja, berkasnya dinyatakan lengkap atau P-21 (lengkap). Sedangkan peran perusahaan, kata dia, proses penyidikan harus menyeluruh dengan melibatkan penyidik pegawai negeri sipil dan ahli perguruan tinggi.

Badrodin membantah jika proses penyidikan perusahaan pembakar hutan lamban lantaran ada beberapa korporasi yang dibekingi oleh mantan jenderal TNI dan Kepolisian.

"Itu nanti. Sekarang fokus pada pembakarannya. Mosok pembakaran dibeking," kelitnya.

Sementara berdasarkan data yang dimiliki Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), ada tiga perusahaan perkebunan kelapa sawit yang telah ditetapkan polisi sebagai tersangka pelaku pembakarkaran lahan. Ketiganya beroperasi di Kabupaten Kapuas, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Walhi minta agar pemerintah menegakkan azas absulute liability merupakan prinsip tanggung jawab tanpa melihat kesalahan dan tidak bisa dibebaskan dari tanggung jawab.(yn)

tag: #kabut-asap  #kapolri  #kebakaran-hutan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dewas KPK Sidang Etik Nurul Ghufron Hari Ini

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dewan Pengawas KPK menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran etik wakil ketua KPK Nurul Ghufron. Ghufron terlibat dugaan etik dalam proses mutasi pegawai di Kementerian ...
Berita

Momentum Hardiknas 2024, Ikramullah Akmal Dorong Pemuda Semakin Terdidik untuk Memenangkan Masa Depan

MAKASAR (TEROPONGSENAYAN) --Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ikramullah Akmal, S.Sos., M.Si memberikan pandangannya menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024. Menurutnya, pendidikan yang ...