Zoom
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Sabtu, 07 Nov 2015 - 08:39:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Terungkap, Ada 14 Perusahaan Pembakar Hutan di Sumsel, Empat Disanksi Cabut Izin

39kebakaran-huan-ts.jpg
Kebakaran hutan (Sumber foto : TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan (PKH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Raffles B. Panjaitan mengatakan, 14 perusahaan pembakar hutan di Sumatera Selatan telah terdeteksi. Dari 14 perusahaan tersebut, empat di antaranya dikenakan sanksi cabut izin operasi.

"Terdapat 14 perusahaan di Sumsel. empatyang dicabut izinnya," kata Raffles saat mengisi materi pengajian bulanan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang mengangkat tema "Pembakaran Hutan: Akar Masalah dan Solusinya" di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat malam (6/11/2015).

Raffles mengatakan pihaknya sejak awal sudah meyakini bahwa pembakaran hutan tidak mungkin hanya melibatkan satu perusahaan semata. Sebab,kawasan hutan Sumatera menjadi ajang kompetisi mencari untung melalui cara buka lahan bisnis perkebunan dan pertambangan.

"Ada juga perusahaan-perusahaan yang membakar karena bibitnya tidak unggul," ungkapnya.

Namun sayangnya, Raffles tidak membeberkan nama-nama perusahaan tersebut.Ia hanya menegaskan bahwa pemerintah telah melakukan penindakan tegas terhadap mereka dengan dilakukannya pencabutan izin ke sejumlah perusahaan nakal tersebut.

"Sekarang dilakukan penegakan hukum dengan menegakkan Undang-undang nomor 32 dan 51. Penegakan hukum tidak lagi melihat mana kawasan hutan atau bukan. Kalau ada kebakaran, langsung eksekusi," tandasnya. (iy)

tag: #kabut-asap  #kebakaran-hutan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...