Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 12 Des 2015 - 07:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Rekaman #PapahMintaSaham, Luhut Bela Darmo

43Luhut.jpg
Menko Polhukam, Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber foto : )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menanggapi perihal pencatutan nama pada skandal “PapahMintaSaham”, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan kembali membela sosok Darmawan Prasodjo atau Darmo.

Nama Darmo disebut-sebut dalam percakapan yang direkam oleh Presdir Freeport Maroef Sjamsoeddin. Berikut cuplikannya :

MS : Tapi kalau dengar penjelasan Pak Ketua tadi sayanya enggak begitu jelas. Dari Pak Jokowi ya enggak jelas

SN : Kalau Pak Jokowi itu dia, beliau sudah setuju kalau sarannya untuk di Gresik. Tapi berikutnya di Papua. Tapi ada ujungnya-ujungnya, waktu saya makan itu “Pak Ketua sudah bicara belum Pak Luhut, saya disuruh ngadep ke Pak Luhut, ngobrol-ngobrol. Saya langsung tahu ceritanya ini waktu rapat, yang terjadi antara si ESDM dengan Darmo. Kalau menurut saya, memang Pak, Presiden itu ada yang mohon maaf ya, ada yang dipikirkan untuk ke depan memang. Kalau dilihat dari, karena dia dengar Pak Jusuf Kalla itu kan terjadi begitu, makanya selalu menyinggung masak Jusuf Kalla terus. Kalau lihat begitu memang dia

MS: Ada ganjalan

SN: Ada ganjalan. Makanya kita harus menutupi. Gak habis-habis

MS: Mempercantik

SN: Mempercantik. Tapi kalau pengalaman kita, artinya saya dengan pak Luhut, pengalaman-pengalaman dengan presiden, itu rata-rata 99 % itu goal semua Pak. Ada keputusan-keputusan penting kayak Arab itu, bermain kita. Makanya saya tahu. Makanya Bung Riza begitu tahu Darmo, dimaintaince, dibiayai terus itu Darmo habis-habisan supaya belok. Pinter itu

MS: Anu The lobbies

“Darmo adalah seorang yang profesional. Dia yang selalu membantu saya ingatkan ini time to time. Kalau dia disebut dipengaruhi, seharusnya ini (memo rekomendasi soal kontrak Freeport) bisa berubah," ujar Luhut saat jumpa pers di kantornya, Jumat (11/12/2015).

Luhut juga meyakini, bahwa Darmo tak pernah memberikan masukan yang aneh ke presiden. Luhut pun juga menjelaskan bahwa Darmo adalah orang yang sangat obyektif ketika berbicara soal Freeport.

Nama Darmo bagi Luhut bukanlah nama lama, sebelum menduduki posisinya sebagai Menko Polhukam, Darmo adalah Deputi I Bidang monitoring dan Evaluasi. Tak hanya itu, Luhut memilih Darmo karena Ayah Darmo adalah intruktur Luhut di akademi militer.

Selain menyandang gelar Ph.D, Darmo juga diketahui pernah bekerja di Gedung Putih, Amerika Serikat. Saat ini, Darmo tergabung dalam partai PDI-P. (Icl)

tag: #pdip  #peradilan-militer  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement