Opini
Oleh Aris Eko pada hari Jumat, 14 Nov 2014 - 11:24:58 WIB
Bagikan Berita ini :
KIS Jelmaan JKN

DKR : Jangan Kadalin Presiden Jokowi

4kartu sehat _ekoshilman.jpg
Warga Antri Kartu Indonesia Sehat (KIS) (Sumber foto : Eko Hilman/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONG SENAYAN)-Presiden Jokowi perlu sangat hati-hati dengan jajaran dibawahnya. Pasalnya, layanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang baru diluncurkan berpeluang melenceng dengan yang dia inginkan.

Seperti diungkapkan Web Warrouw, Sekretaris Nasional Dewan Kesehatan Rakyat (DKR), KIS yang dijanjikan Jokowi sebagai layanan kesehatan gratis, oleh beberapa Menteri justru dikatakan sebagai jelmaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Ini sama saja menjebak presiden untuk melakukan pembohongan publik," ujar Web dalam siaran pers yang diterima TeropongSenayan, Jumat (14/11/2014). Menurut Web, Jokowi dikadalin lantaran JKN tetap dijalankan oleh Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS). Padahal konsep KIS beda dengan JKN.

Saat kampanye, menurut Warouw, Jokowi sudah menegaskan bahwa KIS tidak perlu ada pungutan iuran, tidak perlu ada co-sharing dari pasien. Semua pelayanan untuk seluruh rakyat dibayar negara di kelas III tidak ada diskriminasi.

Faktanya, papar Warouw, hingga saat ini BPJS dengan berbagai peraturan barunya membuat pasien mengeluh. Pasalnya untuk memiliki KIS-BPJS, pasien diminta untuk memiliki rekening bank.

"Ini kan memaksakan pasien berhutang lagi untuk buka nomor rekening, minimal Rp 500 ribu. Apakah semua rakyat kita bisa punya uang sebesar itu untuk buka rekening?" ujar Web Warouw.

Bukan itu saja, ia menjelaskan bahwa jika seseorang sakit dan harus memiliki KIS maka BPJS mewajibkan seluruh anggota keluarga untuk ikut mendaftarkan diri ke BPJS. Sehingga kalau anggota keluarga ada empat orang maka harus menyiapkan uang dua juta rupiah.

Jika belum menyelesaikan syarat-syarat itu pasien belum bisa bisa ditangani. Selain itu juga harus menyediakan uang untuk membuka rekening bank, keluarga itu juga harus membayar iuran Rp 25.500/ bulan.

"BPJS minta pembayaran untuk 6 bulan kedepan. Jadi untuk empat orang dalam satu keluarga harus ada uang Rp 612.000. Ditambah dengan buka rekening jadinya Rp 2.612.000. Kalau sakit harus bayar lagi. Ini namanya merampok bukan menjamin," tegas Warouw.(ris)

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #KIS  #JKN  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Prabowo dan Gaza Solidarity Encampment

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden terpilih Prabowo Subianto melakukan gerakan internasional melalui pikirannya yang dia suarakan di salah satu kolom majalah terbesar eropa, "the ...
Opini

Pesan Menggetarkan Tokoh Aktivis Indonesia: Menghidupi Diri dan Menghidupkan Demokrasi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dalam suatu pertemuan yang melibatkan para aktivis lintas angkatan beberapa hari lalu (2 Mei 2024), dikawasan Mampang, Jakarta Selatan, dr. Hariman Siregar, mantan aktivis ...