Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Jumat, 06 Mei 2016 - 06:30:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Sebut Kader HMI Korup, PB HMI Kecam Saut Situmorang

29saut.jpg
Saut Sitomorang (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam PB HMI) mengecam keras pernyataan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, yang sangat tendensius terhadap kader HMI.

Saut dinilai sengaja menebarkan benih kebencian untuk menyudutkan nama besar organisasi kemahasiswaan muslim terbesar itu.

"Kami mengecam apa yang dinyatakan oleh Saut Situmorang. Pernyataan Saut itu sangat sangat sangat tendensius. Mengapa harus HMI yang disebut? Ini ada apa?," kata Direktur Utama Badan Koordinasi Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) PB HMI, Muhammad Shofa ‎di Jakarta, Jumat (6/5/2016).

Diketahui, Saut sebelumnya melontarkan statement bahwa kader HMI adalah orang-orang cerdas saat masih mahasiswa. Tetapi setelah menduduki sebuah jabatan, berubah menjadi koruptor.

"Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau HMI minimal LK 1, tapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat," kata Saut dalam sebuah acara Talk Show, bertajuk Benang Merah; 'Harga Sebuah Perkara', di TV One, Kamis (5/5/2016) malam.

Pernyataan Saut itu, menurut Shofa sangat tidak pantas keluar dari mulut seorang pimpinan lembaga Negara.

Dikatakan Shofa, sebagai pejabat publik, pria berlatar belakang Staf Ahli Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu seharusnya berhati-hati dan tidak asal bicara.

Sebab, kata dia, dari statement tersebut, Saut tampak sengaja mencoba melakukan stigmatisasi dan mengeneralisir bahwa kader HMI itu pelaku korupsi.

"Ingat, tidak semua kader HMI yang ikut Latihan Kader I (LK I), melakukan tindakan korupsi. Saut harus minta maaf kepada HMI," tegas dia.

Saut, tambah dia, seperti mengalami amnesia bahwa di rahim HMI ada nama mantan Ketua MK, Mahfudz MD, mantan Penasehat KPK, Abdullah Hehamahua, dan Cendikiawan Muslim, Nur Cholis Majid (Cak Nur) yang integritasnya sudah teruji.

"HMI berperan penting dan melahirkan kader-kader terbaiknya dalam mengawal perjalanan bangsa ini, kami minta Saut tarik ucapannya itu atau mundur dari pimpinan KPK," tandasnya.‎ (icl)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement