Berita
Oleh Bara Ilyas & Sahlan Ake pada hari Rabu, 14 Jan 2015 - 00:17:36 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Didukung Lanjutkan Fit & Proper Test Komjen Budi

86Komjen Budi Gunawan.jpg
Komjen Budi Gunawan (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan )
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pro kontra ditetapkannya bakal calon Kapolri Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka kasus gratifikasi saat dia menjadi kepala Biro di Mabes Polri, terus bergulir. Satu pihak agar DPR menghentikan proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dan minta agar Presiden Jokowi mengganti dengan calon yang lain.

Pihak lainnya, berharap agar Dewan terus memprosesnya. “Saya memastikan Budi Gunawan akan mulus menjadi Kapolri. Dukungan penuh dari Presiden dan dukungan politik di DPR akan melapangkan jalan Budi Gunawan,” ujar pengamat politik Alfan Alfian, di Jakarta, Selasa (13/1/2015).

Hal senada juga dilontarkan Direktur Eksekutif Insitute for Strategic and Indonesia Studies (ISIS) Kisman Latumakulita. "Yang harus menjadi catatan kita semua adalah status tersangka belum tentu bersalah secara hukum. Institusi hukum yg berwenang menyatakan seseorang bersalah melanggar hukum atau tidak adalah lembaga peradilan, bukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," kata Kisman.

Menurut dia, proses Budi Gunawan menuju Kapolri harus tetap berjalan & baru berhenti bila Mahkamah Agung menyatakan Budi Gunawan bersalah dalam kasus rekening gendut (inkracht). Karena itu, kata dia, semua pihak termasuk KPK harus menghormati asas hukum praduga tak bersalah.

"Artinya, setiap orang dinyatakan tidak bersalah sebelum menyatakan bersalah. Tentu saja asas ini berlaku kepada seluruh warga negara, termasuk Komjen Polisi Budi Gunawan," ujar Kisman yang juga politisi Partai Nasdem.

Alfan berkeyakinan Budi bakal melenggang menuju kursi Polri-1 menggantikan posisi yang saat ini ditempati Jenderal Pol Sutarman. Harusnya, Sutarman pensiun pada Oktober 2015. Namun, di tengah perjalanan, Presiden Jokowi hendak menggantikannya.

Bagi kandidat doktor ilmu politik ini, yang harius dipikirkan adalah bagaimana Kapolri mendatang mampu mengemban tugas yang makin berat. Termasuk bagaimana memastikan agar kegiatan ekonomi dan sosial Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berjalan lancar. "Utamanya harmonisasi antara Polri dan TNI harus ditingkatkan lagi,” katanya. (b)

tag: #calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Syarat Calon Independen Maju Pilgub DKI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 11 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjelaskan syarat bakal calon independen yang hendak maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Salah satunya ialah menyerahkan formulir ...
Berita

Sudah Sejauh Mana Kasus Dugaan Korupsi Di Telkomsigma?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kasus dugaan korupsi proyek fiktif di anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Sigma Cipta Caraka atau Telkomsigma periode 2017 - 2022 hingga kini belum ada kemajuan ...