Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 28 Jan 2015 - 07:37:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Disoal Kurtubi, Predir Freeport Juga Sedih Royalti Hanya Naik Jadi 3 Persen

17Kurtubi-FReeport-Indra.jpg
Kurtubi, Politisi Partai Nasdem, Saat Rapat dengan Freeport, Selasa (27/1/2015) (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Kurtubi, anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Nasdem memberondong pertanyaan kepada Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Syamsoeddin. Kurtubi menuding Freeport menjajah Indonesia lantaran memberikan royalti hanya 1 persen.

"Kita inginkan untuk royalti emas 21 persen dari secara kesuluruhan. Karena angka 1 persen sama saja menjajah," kata Kurtubi dalam rapat dengar pendapat dengan PT Freeport Indonesia, di gedung Nusantara I, Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Menanggapi pertanyaan Kurtubi, Maroef menegaskan setuju dengan pandangan politisi Nasdem itu. Freeport yang telah beroperasi di Indonesia sejak 1967 memang harus memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi masyarakat.

Bahkan Maroef Sjamsoeddin mengaku sedih bila royalti disetujui diangka 3 persen. "Kekayaan bangsa Indonesia sudah banyak dinikmati Freeport selama ini, apakah kita biarkan seperti ini," ujarnya.

Seperti diketahui dalam renegosiasi dengan pemerintah telah dibahas royalti emas yang dihasilkan Freeport di tambang Grassberg, Papua akan menjadi 3 persen. Angka ini naik dari 1 persen yang telah berlaku sejak awal perusahaan asal Amerika ini mengeruk tambang.(ris)

tag: #Freeport  #Smelter  #Maroef Syamsudin  #Kurtubi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Momentum Hardiknas 2024, Ikramullah Akmal Dorong Pemuda Semakin Terdidik untuk Memenangkan Masa Depan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
MAKASAR (TEROPONGSENAYAN) --Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ikramullah Akmal, S.Sos., M.Si memberikan pandangannya menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024. Menurutnya, pendidikan yang ...
Berita

Fraksi PKS Terus Berjuang Untuk Kesejahteraan dan Perlindungan Buruh

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengucapkan selamat Hari Buruh dan berharap agar kebijakan negara semakin menyejahterakan dan melindungi pekerja baik di dalam maupun ...