Berita
Oleh Emka Abdullah pada hari Rabu, 18 Feb 2015 - 18:20:40 WIB
Bagikan Berita ini :
Ajukan Nama Baru Kapolri

Aboe B Alhabsy : Presiden Kok Tidak Konsisten

79Abubakar Al-Habsy 004.jpg
Aboe Bakar Alhabsy, Anggota Komisi III dari Fraksi PKS (Sumber foto : Mulkan Salmun/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Keputusan Presiden Joko Widodo tidak melantik Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri menimbulkan reaksi keras DPR. Anggota Komisi III DPR dari PKS Aboe Bakar Alhabsy menilai Presiden Jokowi tidak konsisten dengan langkah dan pilihanya sendiri. Ini akan membuat kenegarawanan dan kewibawaannya merosot.

"Bukankankah nama Komjen Budi Gunawan muncul dari usulan presiden sendiri, bahkan presiden hanya mengusulkan calon tunggal, ini menunjukkan presiden sangat percaya diri dengan kualifikasi calon yang diajukannya ke DPR," kata Aboe dalam keterangan tertulis yang diterima TeropongSenayan (18/2/2015).

Aboe menambahkan, secara yuridis formal, sebenarnya presiden memiliki kewajiban untuk melantik calon tersebut setelah disetujui oleh DPR. Bila kemarin pelantikan sempat ditunda dengan alasan status tersangka untuk Budi Gunawan, maka alasan tersebut saat ini telah hilang lantaran Pengadilan telah membatalkan status tersangka tersebut.

"Maka, seharusnya dilakukan pelantikan, lantaran presiden sendiri yang menyatakan bahwa beliau tidak membatalkan pencalonan Komjen Budi Gunawan, melainkan hanya menunda sampai proses ada kejelasan proses hukum," lanjut Aboe, anggota DPR dari daerah pemilihan Kalimantan Selatan ini.

Menurut Aboe, jika saat ini presiden hendak mengeluarkan Perppu untuk mengangkat orang lain sebagai calon Kapolri, maka sikap tersebut justru tidak konsisten dengan pencalonan yang diajukan serta alasan penundaan yang telah disampaikan kepada masyarakat.

Aboe menyayangkan sikap presiden kerap berubah karena dapat mengilangkan marwah kenegarawanannya dia. "Memimpin negara itu memerlukan konsistensi untuk menjaga marwah lembaga kepresidennan, berbeda dengan main monopoli yang bisa maju mundur sesuka hati," papar Aboe.(ris)

tag: #Aboe  #Kapolri  #Jokowi  #Komjen BG  #Komjen Badrodin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement