Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Senin, 16 Mar 2015 - 16:57:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Kontras : Jokowi Tak Serius Tata Kepolisian

1Harry Azhar (hatim).jpg
Haris Azhar (Sumber foto : Ahmad Hatim Benarfa/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar mendesak Presiden Jokowi turun tangan secara langsung melakukan pembenahan dan reformasi di institusi kepolisian.

"Perlu dorongan politik dari pimpinan negara. Saya tidak melihat ada satu rujukan tertulis Jokowi untuk 5 tahun ke depan bagi kepolisian baru," katanya dalam diskusi 'Pernyataan Sikap Gerakan Dekrit Rakyat Indonesia, Reformasi Kepolisian Satu Keharusan: Antara Kasus Begal dan Kriminalisasi Aktivis' di Jakarta, Senin (16-3-2015).

Namun Haris menyayangkan Presiden Jokowi tak bisa mengendalikan kepolisian saat ini. Seharusnya, lanjut Haris, Jokowi sebagai presiden menunjukkan ketegasannya ketika melihat ada tindakan petinggi Polri yang menyalahi aturan protokoler tetap yang berlaku. ‎"Saya lihat sekarang ini, Jokowi kehilangan kontrol. Bagaimana misalnya seorang Kabareskrim punya keputusan berbeda dengan pemimpinnya," terangnya.

Menurut Haris, jika presiden selalu absen dalam melakukan kontrol pengawasan terhadap kinerja kepolisian, maka supremasi hukum akan semakin sulit terwujud di Indonesia. "Padahal, kejahatan yang terjadi di masyarakat itu karena ditopang oleh penegak hukumnya," pungkasnya. (ec)

tag: #KPK vs Polri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement