Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 22 Des 2017 - 15:14:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Wow, Kerugian Erupsi Gunung Agung Capai Rp 11 Triliun

73gunungagung2.jpeg
Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pemerintah mencatat kerugian ekonomi dari sektor pariwisata sebagai dampak Gunung Agung meletus di Bali mencapai Rp11 triliun.

"Kerugian Rp11 triliun itu sejak berstatus awas pada 22 September 2017. Kerugian ekonomi ini terbesar dari sektor pariwisata dan turunannya," kata kata Kepala Pusat dan Informasi Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Jumat (22/12/2017).

Ia mengatakan berdasarkan pernyataan Menteri Pariwisata Arief Yahya kerugian dari sektor pariwisata mencapai Rp9 triliun sejak peningkatan status awas pertama pada September hingga Desember 2017. Sedangkan kerugian Rp2 triliun pada periode sama disebabkan oleh kredit macet masyarakat Karang Asem karena tidak bisa bekerja dan harus berada di pengungsian.

Sejumlah maskapai asing terutama dari China menunda penerbangan hingga Januari 2018.

"Ini alasan pimpinan daerah meminta Otoritas Jasa Keuangan membantu menyesuaikan kembali waktu pembayaran kredit masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Agung," ujar Sutopo.

Menurut Sutopo, Presiden berencana memimpin rapat terbatas bersama Wakil Presiden malam ini di Sanur, Bali.

Sutopo mengatakan status Gunung Agung masih sama yakni awas (level IV) untuk radius delapan hingga 10 kilometer dari puncak gunung. Selebihnya, Bali aman dikunjungi.

Ia mengatakan aktivitas gunung berapi 3.142 meter di atas permukaan laut itu akan tetap aktif selama Desember 2017 hingga 2018, sama seperti Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Saat ini lava telah naik mengisi mangkok kawah, dengan material vulkanik mencapai 20 juta meter kubik. Namun Sutopo yakin letusan kali ini tidak akan sebesar 1963. Jumlah pengungsi hingga saat ini 72.114 orang yang tersebar di 240 titik pengungsian.(plt/ant)

tag: #gunung-agung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pasca Pemilu, Ketua Fraksi PKS Jazuli: Siap Kolaborasi Bangun Bangsa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tidak pernah membatasi diri pasca Pemilu 2024. Menurutnya PKS adalah partai politik yang konsisten mendorong ...
Berita

Ahmad Najib Prediksi Timnas Indonesia Menang 2-1 Lawan Uzbekistan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah optimis Timnas Indonesia bakal menaklukan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdullah bin ...