Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 14 Agu 2018 - 18:05:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Asman Abnur Dinilai Sudah Sepantasnya Mundur dari Kabinet

89gun-gun-heryanto.jpg.jpg
Gun Gun Heryanto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute Gun Gun Heryanto mengatakan, sudah sepantasnya politikus PAN Asman Abnur mundur sebagai Menteri Pandayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) karena posisi partainya yang tidak mengusung Presiden Jokowi di pilpres 2019.

Menurut dia, secara etika politik, Asman tidak memiliki pijakan untuk tetap di kabinet. Hal ini lantaran Partai Amanat Nasional (PAN) tempat dia bernaung secara tegas telah menyatakan diri mendukung Prabowo Subianto.

Sementara, Asman Abnur sendiri diketahui juga menjadi calon legislatif partai matahari terbit itu untuk Daerah Pemilihan Kepulauan Riau. Asman sendiri tercatat menjadi legislatif dari PAN pada 2004,2009 dan 2014.

Selain itu, pengunduraan diri Asman tersebut juga dapat mengurangi beban Presiden Jokowi mendekati musim kampanye dan pemilihan presiden 2019, katanya.

"Pasti juga sebagai bagian dari Partai Amanat Nasional dia akan mengalami kegamangan sikap politiknya kalau kemudian dia masih tetap di Kabinet.
Jadi bagi saya jauh lebih bagus, untuk Jokowi juga jauh lebih bagus, terlebih waktunya juga sebentar lagi, proses itu akan mengganggu," katanya di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja.

Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi karena tidak ingin membebani pemerintah atas pilihan PAN pada Pemilu 2019.

"Saya telah melakukan komunikasi dengan Asman, beliau menyatakan mohon izin untuk mengundurkan diri dari kabinet pemerintahan Jokowi. Alasannya, pertama, tidak mau membebani pemerintah ini karena secara politik PAN itu berbeda pilihan dengan koalisinya Jokowi," kata Mauladi, di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa.(yn/ant)

tag: #kemenpanrb  #reshuffle-kabinet  #partai-amanat-nasional  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement