Lampung
Oleh Ariady Achmad pada hari Kamis, 20 Sep 2018 - 12:07:41 WIB
Bagikan Berita ini :

APBD Lampung Alami Defisit Ekstrem

51apbn1.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Selama 2014-2018, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Lampung mengalami defisit ekstrem. Defisit ini terjadi karena program pembangunan tidak mempertimbangkan pendapatan daerah, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi.

Informasi dari sumber tepercaya menyebutkan, defisit ekstrem bermula dari sisi perencanaan. Dalam perencanaan tersebut tidak mempertimbangkan pendapatan daerah, serta situasi terkait. Situasi yang berpengaruh adalah inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

"Akibatnya target-target pendapatan tidak tercapai, sementara program dan proyek (pembangunan) sudah ditetapkan DPRD bersama pemerintah daerah," ujar sumber tersebut.

Perencanaan dan pelaksanaan pembangunan ditegarai tidak mempertimbangkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Mengacu kepada RPJMD, maka seharunya setiap proram pembangunan harus mempertimbangkan kemampuan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta anggaran dari pusat, seperti Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Yang terjadi, lanjut sumber, pembangunan terus berjalan, sedangkan dana sudah tidak ada.

"Selanjutnya, hal itu dibicarakan dan dirundingkan dengan DPRD. Nah, di situ ada 'celah'," ujar sumber.

Defisit ekstrem berpengaruh signifikan terhadap keberlangsungan proyek-proyek pembangunan. Karena target pendapatan tidak tercapai, maka beberapa proyek mengalami pemangkasan. Bahkan, terdapat proyek yang mangkrak karena tidak ada alokasi dana.

"Ujung-ujungnya, pemda mencari pinjaman, yang kemudian membebani anggaran berikutnya," kata sumber. (plt)

tag: #lampung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lampung Lainnya
Lampung

Ini Anggota DPRD Kota Bandar Lampung Terpilih Pemilu 2019

Oleh Fitriani
pada hari Minggu, 05 Mei 2019
BANDAR LAMPUNG (TEROPONGSENAYAN) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung menggelar rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota ...
Lampung

Lampung Barat Segera Punya Sekolah Kopi Tahun Depan

BANDAR LAMPUNG (TEROPONGSENAYAN)--Pemerintah Kabupaten Lampung Barat tahun depan mulai membangun sekolah kopi, karena untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga profesional perkopian. Pembangunan sekolah ...