Berita
Oleh E. Sofyan pada hari Senin, 01 Okt 2018 - 20:26:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Sebut Bantuan Internasional kepada Korban Tsunami Palu Hanya Sebatas Barang

17bandara-makassar-buka-posko-informasi-dan-kirim-bantuan-untuk-korban-gempa-palu-QoRpj28BFT.jpg.jpg
Ilustrasi bantuan untuk korban gempa dan tsunami Palu (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuka pintu bagi negara luar yang ingin membantu korban gempa/tsunami di Palu, Donggala, Sulawesi Tengah.

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita membenarkan adanya informasi tersebut. Namun, menurutnya, bangsa asing hanya akan memberi bantuan dalam bentuk barang.

"Kemungkinan-kemungkinan bantuan-bantuan itu hanya barang. Mereka tidak masuk ke Indonesia, apalagi ke lokasi," kata Agus di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).

Agus juga mengatakan, nantinya bantuan tersebut akan disalurkan oleh pemerintah Indonesia sendiri.

"Kita sendiri yang mendistribusikan menyalurkan bantuan-bantuan itu," tuturnya.

Lebih jauh, Agus menjelaskan, alasan Jokowi membuka pintu bantuan internasional. Saat ini banyak negara sahabat yang menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk mengatasi kondisi pascagempa.

"Nah itu kemudian nanti presiden menyatakan bahwa negara-negara itu diperbolehkan membantu tapi itu nanti dikoordinir seperti apa mekanismenya atau jenis bantuannya itu akan dikoordinir oleh Kemenko Polhukam," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuka pintu untuk bantuan internasional guna mengatasi situasi pasca-bencana. Hal itu diungkapkan jubir Presiden, Johan Budi.

Hal ini juga diinformasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dia menyatakan telah berkomunikasi dengan Menlu Retno LP Marsudi, yang tengah berada di Amerika Serikat. (Alf)

tag: #gempa-bumi  #tsunami  #kementerian-sosial  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...