Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Kamis, 07 Mei 2015 - 15:22:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Wakil Ketua DPD: Penangkapan Novel Bermuatan Politik

53NOVEL_BASWEDAN_DISERAHKAN_KE_KPK.jpg
Novel Baswedan (kanan) (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Farouk Muhammad mengatakan, penangkapan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan oleh Bareskrim Polri pada Jumat (1/5/2015) pekan lalu merupakan tindakan yang tidak tepat.

"Dengan memperhatikan tindakan-tindakan kepolisian atas berbagai kasus menonjol terkait KPK-Polri, betapa profesional pun tindakan polisi, akan sukar dihindari penilaian publik bahwa penangkapan atas Novel Baswedan lebih bermuatan ‘politik," ujar Farouk kepada TeropongSenayan di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Alumnus Florida State University itu menegaskan bahwa kasus Novel harus segera diputuskan apakah akan diteruskan atau dihentikan, mengingat ada kepentingan negara yang harus lebih diutamakan.

Namun, karena penanganan kasus tersebut telah mengundang perdebatan publik, maka untuk menjamin objektivitasnya, pengambilan keputusan tersebut perlu dilakukan suatu tim pencari fakta yang independen.

"Karena itu Pimpinan DPD RI mendesak Presiden untuk tidak melakukan intervensi, tetapi melakukan pengawasan manajerial guna memastikan bahwa penggunaan wewenang para pembantunya dapat dipertanggungjawabkan dengan membentuk Tim Pencari Fakta yang bebas dari muatan politis," ungkap Guru Besar Sistem Peradilan Pidana tersebut.(yn)

tag: #novel baswedan  #penyidik kpk  #dpd  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement