Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 30 Apr 2019 - 22:36:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Hari Buruh, Jazuli: Bangsa yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Para Buruh

tscom_news_photo_1556638598.jpeg
(Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengucapkan selamat Hari Buruh 1 Mei 2019. Menurutnya, buruh dan pekerja adalah profesi terbesar warga negara yang menentukan dan menjadi indikator majunya pembangunan.

Mereka punya arti dan peran strategis dalam pembangunan nasional.

"Atas nama Fraksi PKS kami ucapkan selamat hari buruh kepada semua buruh, karyawan dan pekerja di seluruh Indonesia. Kita semua berjuang agar kesejahteraan buruh semakin meningkat. Bahkan kita tegaskan kepada negara dan pemerintah bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para buruh dan pekerjanya," kata Jazuli di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Anggota Komisi I DPR ini berharap peringatan hari buruh setiap tahunnya tidak menjadi seremonial belaka, tapi harus menjadi penanda bahwa negara dan pemerintah punya hutang dan tanggung jawab untuk mensejahterakan buruh dan pekerja. Harus ada peningkatan berarti nasib buruh dan pekerja dari tahun ke tahun.

"Negara semestinya punya keberpihakan yang kuat atas kesejahteraan kaum buruh dan pekerja, baik buruh di dalam negeri maupun buruh migran. Karena hal ini merupakan mandat konstitusional salah satu tujuan bernegara yaitu memajukan kesejahteraan umum," ungkapnya.

"Apa yang bisa dilakukan?" Menurut Anggota DPR Dapil Banten ini, pertama, terkait peluang kerja pemerintah harus mengutamakan tenaga kerja dalam negeri daripada tenaga kerja asing di tengah tingginya tingkat pengangguran masyarakat.

Kedua, pemerintah harus memperkuat perlindungan buruh khususnya buruh migran kita di luar negeri. Hal ini harus sejalan dengan tertib administrasi dan peningkatan keterampilan.

"Kita tidak ingin terus menurus mengirim pekerja sektor rumah tangga, tapi harus meningkat pada sektor keahlian tertentu," kata Jazuli.

Ketiga, tingkatkan upah minimum secara berkala ekuivalen dengan inflasi dan kenaikan harga-harga kebutuhan. Keempat, jaga daya beli masyarakat dengan pengendalian harga kebutuhan pokok sehingga tidak mencekik kondisi ekonomi masyarakat bawah. Keempat tingkatkan program jaring pengaman sosial di berbagai bidang utamanya ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Kelima pelatihan dari unskill labour menjadi skill labour harus dipogram oleh negara melalui desain pendidikan dan kemiteraan dengan industri. Hal ini penting agar para pekerja punya karir yang semakin meningkat.

Dan terakhir, keenam, peluang-peluang usaha dan kemandiriaan harus digalakkan secara masif sehingga para pekerja bisa punya alternatif penghasilan yang kompetitif.

"Pemikiran dan kebijakan tersebut insya Allah akan terus menjadi konsen dan garis perjuangan Fraksi PKS di seluruh Indonesia. Tujuannya agar buruh makin sejahtera, berkeadilan, dan bermartabat di negeri ini," imbuhnya.

tag: #pks  #buruh  #jazuli  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement