Berita
Oleh Fitriani pada hari Minggu, 05 Mei 2019 - 09:46:49 WIB
Bagikan Berita ini :
Tentukan 1 Ramadhan

Malam Ini Kemenag Gelar Sidang Isbat

tscom_news_photo_1557024409.jpg
Ramadhan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam akan menggelar sidang isbat guna menentukan awal puasa atau 1 Ramadhan 2019/ 1440 H.

Informasi tersebut dihimpun dari akun Twitter resmi Kemenag. Rencananya, sidang isbat akan digelar pada hari ini, Minggu (5/5). Penentuan awal Ramadhan bakal berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sidang diawali dengan pemaparan tentang posisi hilal menjelang Ramadhan oleh tim hisab dan rukyat Kemenag. Akan tetapi, prosesnya sendiri baru dimulai usai salat Maghrib, tepatnya setelah ada laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan hilal.

Sidang isbat akan digelar secara tertutup, akam tetapi hasil dari sidang isbat akan disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers yang digelar usai sidang. Hasil tersebutlah yang akan menjadi patokan kapan umat Islam di Indonesia mulai menjalani ibadah puasa Ramadhan.

Kemenag sendiri menurunkan sejumlah pemantau hilal di seluruh provinsi di Indonesia. Para petugas pemantau tersebut berasal dari Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/ Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama serta ormas Islam dan instansi terkait.

Sidang akan dihadiri oleh beberapa duta besar dari negara sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung (MA), MUI, BMKG, LAPAN, Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha ITB, Planetarium, pakar falak dari ormas Islam, serta tim hisab dan rukyat Kemenag.

Berbeda dengan Ormas Muhammadiyah, sebelum pemerintah menetapkan awal Ramadhan, ormas yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan tersebut, sudah menetapkan awal Ramadhan versinya terlebih dahulu. Berdasarkan hisab, Muhammadiyah menyatakan bulan suci umat Islam jatuh pada 6 Mei 2019. (ahm)

tag: #ramadhan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dewas Tetap Lantik Dirut PAW TVRI, Komite Penyelamat TVRI Minta Jokowi Turun Tangan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 26 Mei 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kekisruhan dalam tubuh TVRI dipastikan akan semakin diperburuk dengan kekinginan Dewan Pengawas untuk melantik Direktur Utama Pengganti Antar waktu TVRI. Ketua Komite ...
Berita

Zona Merah Pandemi Berimbas ke Sektor Ekonomi, Anggota F-Gerindra Ini Ingatkan Dua Hal Ini

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra Mulyadi meminta agar pemerintah fokus memikirkan dampak wabah Covid-19 terhadap kondisi perekonomian ke depan. Pasalnya, ...