Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 09 Mei 2019 - 02:04:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Cari Lokasi Ibu Kota Baru di Kalteng, Jokowi: Saya Nemu Feeling

tscom_news_photo_1557342321.jpg
Presiden Joko Widodo berjalan di kawasan hutan Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rabu, 8 Mei 2019. (Sumber foto : Ist)

KALIMANTAN(TEROPONGSENAYAN) --Presiden Jokowi berkeliling Kalimantan untuk mencari lokasi ideal pemindahan ibu kota baru. Saat berkunjung di Kalimantan Tengah, Jokowi mengaku mendapat feeling di provinsi inilah kelak ibu kota negara akan dipindah.

"Nemu, saya nemufeeling-nya," kata Jokowi seraya tertawa kepada wartawan saat meninjau lapangan di Desa Tumbang Taken, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, Rabu 8 Mei 2019.

"Saya ini ke lapangan hanya satu mencarifelling-nya. Kalau ke lokasi saja belum, bagaimana bisa dapatfelling-nya," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan kalau dilihat luasan wilayah, Kalimantan Tengah sangat siap untuk lahan pemindahan ibu kota. "300 ribu hektare cukup, kalau kurang bisa tambah lagi," kata Jokowi.

Tapi, kata Jokowi, masalah pemindahan ibu kota ini masih dalam kajian dan berbagai perhitungan lainnya. "Aspeknya banyak sekali dan tidak menyangkut aspek yang hanya satu dua," kata dia.

Menurut Jokowi, di Kalimantan Tengah potensi banjir tidak ada, gempa juga tidak. Tapi untuk kesiapan infrastruktur, kata dia, harus dimulai dari nol. Hal inilah yang menjadi pertimbangan. Selain soal infrastruktur, pemerintah juga mengkaji wilayah calon ibu kota dari segi sosial politik dan sosiologi masyarakatnya.

"Nanti tim saya akan datang ke sini secara diam-diam, berhitung. Baru setelah matang, terencana secara detail disampaikan kepada saya baru nanti dari situ kita putuskan," ujar Jokowi.

Jokowi dan rombongan datang ke Desa Talaken, Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas dengan menggunakan dua helikopter. Selain Jokowi ikut dalam rombongan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR BPN Sofyan A. Djalil, Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Presiden Jokowimengatakan pemindahan ibu kota negara ini adalah sebuah visi besar jangka panjang. Bisa 5-100 tahun untuk mempersiapkan negara ini menjadi negara maju. (Alf)

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pengiriman Bantuan untuk Korban Gempa Terkendala Kapal, NU Bawean Minta Jokowi Turun Tangan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
GRESIK (TEROPONGSENAYAN) --Pengiriman bantuan logistik/sembako untuk korban Gempa Bawean, Gresik, terkendala menyusul minimnya armada kapal barang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan ...
Berita

Rojih Ubab Maimoen: Media Sosial Bisa Dijadikan Amal di Bulan Ramadan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi 1 DPR RI, KH. Rojih Ubab Maimoen mengajak masyarakat untuk mengunakan media digital dengan sebaik-baiknya. Apalagi, kata ia, di bulan Ramadan yang penuh ...