Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 10 Mei 2019 - 14:00:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Lawan KPK, Dirut PLN Sofyan Basir Ajukan Praperadilan

tscom_news_photo_1557471608.jpg
Dirut PLN Sofyan Basir (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Direktur Utama PT PLN (Persero) nonaktif Sofyan Basir tidak diam atas penetapan tersangka olehbKPK. Dia memutuskanmengajukan praperadilan.

Dengan pengajuan praperadilan ini, Sofyan melawan penetapan tersangka dalamkasus suap terkait proyek PLTU Riau-1.

"Perkara Praperadilan No.48/Pid.Pra/2019/PN.Jkt.Sel. pemohon Sofyan Basir, termohon KPK," kata pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) Achmad Guntur saat dikonfirmasi, Jumat (10/5/2019).

Guntur mengatakan gugatan itu didaftarkan Sofyan pada 8 Mei kemarin. Namun jadwal sidang perdana praperadilan itu disebut Guntut belum ditetapkan.

Sofyan merupakan tersangka kasus suap terkait proyek PLTU Riau-1. Dia disangkakan KPK membantu mantan anggota DPR Eni Maulani Saragih mendapatkan suap dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo. KPK menduga Sofyan dijanjikan jatah yang sama dengan Eni dan Idrus Marham, yang lebih dulu diproses dalam kasus ini.

Dia diduga berperan aktif memerintahkan jajarannya agar kesepakatan dengan Kotjo terkait proyek PLTU Riau-1 segera direalisasikan. Sofyan pun disebut ada di berbagai pertemuan di hotel, restoran, kantor PLN, dan rumah Sofyan terkait pembahasan proyek ini.

Sofyan merupakan orang kelima yang ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam pusaran kasus dugaan suap PLTU Riau-1. Sebelumnya, ada Eni Saragih, Johanes Kotjo, Idrus Marham, dan Samin Tan, yang telah menjadi tersangka. (Alf)

tag: #pln  #kpk  #bumn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Berita Lainnya
Berita

HNW Dorong Pemerintah Konsekuen Bantu Pesantren Atasi Covid-19

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sunday, 12 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Dr. H. M Hidayat Nur Wahid, MA meminta agar Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama Republik ...
Berita

Sempat Dibubarkan Tommy, Munaslub Berkarya Tunjuk Muchdi Purwoprandjono Sebagai Ketum

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kader yang tergabung dalam Presidium Penyelamat Partai Berkarya menggelar Musyawarah Luar Biasa (Munaslub) di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan. Meski sempat ...