Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 05 Jun 2019 - 06:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Masuknya Maskapai Asing, JK: Tak Otoomatis Tiket Murah

tscom_news_photo_1559688262.jpeg
(Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Presiden Jusuf Kalla angkat bicara mengenai usulan masuknya maskapai asing agar harga tiket pesawat lebih murah harus dikaji lebih bijak.

Sebab, menurut Jusuf Kalla usulan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tidak otomatis akan membuat harga tiket pesawat menjadi murah. Kalla mengatakan saat ini sudah ada maskapai asing yang beroperasi di Indonesia seperti AirAsia

"Memang ada hal yang selalu dipertimbangkan. Keterlanjutan dari maskapai itu sendiri. Kalau terlalu murah dia akan bangkrut. Coba Garuda, dalam kondisi harga Garuda yang lebih tinggi juga sulit ya, mengalami kesulitan," ujar Kalla di rumah dinasnya, Menteng, Jakarta, Selasa (4/6/2019).

Selain itu, Kalla juga menilai yang lebih penting adalah keterlanjutan bisnis maskapai penerbangan itu sendiri. Jika terlalu murah dikhawatirkan akan membuat rugi perusahaan penerbangan.

JK juga mengatakan masyarakat terlalu lama dimanjakan tiket murah akibat kompetensi tidak sehat. Padahal, kata dia, tarif yang ditetapkan saat ini relatif sama dengan biaya pesawat puluhan tahun lalu.

"Memang harus diseimbangkan. Masyarakat kita sudah terlalu lama menikmati tarif murah," lanjut Kalla.

Masyarakat saat ini merasa keberatan dengan tingginya harga tiket pesawat lantaran sebelumnya maskapai sempat membanting harga.

"Dulu tarif ini biasa. Jadi saya kira maskapai asing pun tentu sama saja costnya. Cost airlines itu pesawat, avtur, pemeliharaan, ongkos personel, semua hampir sama semuanya. Mau maskapai dari mana sama," lanjut dia.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement