Tak Lagi Muda, Megawati Dinilai Terlambat Mereplika Dirinya pada Puan Maharani

Oleh Fitriani pada hari Rabu, 12 Jun 2019 - 22:11:10 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1560352270.jpg

Megawati dan Puan Maharani (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di usianya yang tak lagi muda, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dinilai terlambat mereplika dirinya pada sang putri, Puan Maharani.

Hal ini dinilai membuat nama Puan tidak bisa menonjol dalam bursa ketua umum PDIP penerus Megawati. Bahkan, cenderung tertinggal jika dibandingkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, apalagi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Demikian disampaikan Peneliti politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah. Dia menilai, hingga kini Puan belum berhasil membangun ruh kepartaian pada dirinya.

Sehingga, bagi kader Puan hanyalah kader parpol yang kebetulan putri dari ketua umum, bukan sebagai penerus kepemimpinan parpol.

"Paling tidak hingga hari ini, Puan belum memiliki ruh PDIP, ruh itu masih kuat pada Megawati. Hal ini tidak menutup kemungkinan hingga 2024, di mana elit PDIP di luar keluarga Megawati justru menonjol dan menggeser Puan dari daftar pewaris kekuasaan partai," kata Dedi kepada TeropongSenayan, Rabu (12/6/2019).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Direktur Pusat Studi Demokrasi dan Partai Politik (PSDPP), sejauh ini PDIP masih sangat kuat dominasi Megawati. Sehingga bagi pemilih, PDIP disamakan dengan keberadaan Megawati sebagai ketua umum.

"PDIP bagi pemilihnya adalah Megawati, jika Puan tidak segera dikondisikan sebagai replika Megawati, sangat mungkin ia terbuang dari partainya sendiri karena PDIP memiliki banyak elit berpengaruh, secara pragmatis PDIP akan memilih ketua umum yang menguntungkan diluar keluarga Megawati," ungkapnya.

"Puan sejauh ini tidak berhasil menempatkan dirinya sebagai politisi yang bereputasi menonjol, memiliki kesempatan sebagai Menko ternyata tidak membuat namanya berpengaruh, itu juga kelemahannya. Jadi tanpa Megawati, Puan bukan siapa-siapa lagi," imbuh Dedi, sembari menutup perbincangan. (Alf)

tag: #megawati-soekarnoputri  #pdip  

Bagikan Berita ini :