Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 14 Jun 2019 - 17:38:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Refly Harun: Ma'ruf Amin Berpeluang Didiskualifikasi

tscom_news_photo_1560508695.jpeg
Ma'ruf Amin (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menilai KH Ma"ruf Amin bisa didiskualifikasi sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2019.

Refly mengatakan, hal itu menanggapi gugatan Tim Hukum Prabowo Subianto - Sandiaga Uno yang keberatan Ma"ruf masih menduduki jabatan sebagai dewan pengawas di Bank BNI Syariah dan Syariah Mandiri.

Menurut dia, MK pernah mendiskualifikasi pemenang pemilihan umum sebelumnya. "Pernah dalam konteks pilkada. Dalam konteks pileg pernah dilakukan oleh KPU ketika mencoret Edi Purnowo Hadi di Pileg 2009. Tapi saya tidak mau mendikte MK mengenai status Kiai Ma"ruf Amin," kata Refly di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).

MK, kata Refly, bisa membuat keputusan yang signifikan padahal pelanggarannya bersifat kelalaian. Banyak pengalaman dari hakim MK yang memutuskan akibat yang signifikan kepada termohon.

"Tapi, apakah status Syariah BNI dan Mandiri Syariah, itu adalah bisa dikategorikan sebagai BUMN," jelas dia.

Refly menjelaskan, secara definisi yang kontekstual, dua bank tersebut bukan BUMN. Sebab, berdasarkan UU Nomor 19 Tahun 2003 dimaksudkan seluruh atau sebagian modalnya dimiliki negara.

Refly menjelaskan adanya perspektif lain yang sistematis dibanding kontekstual. "Yaitu mengaitkan eksistensi anak perusahaan BUMN ini dengan keuangan negara. Dikaitkan juga dengan UU Tipikor dan UU tentang Pemeriksaan Uang Negara. ini yang menarik di MK kalau kasus ini diterima," jelas dia. (Alf)

tag: #maruf-amin  #mahkamah-konstitusi  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Sebelum Dinyatakan Positif Covid, Elvy Sukaesih Promo Lagu ke Radio-radio

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 19 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Penyanyi dangdut Elvy Sukaesih dikabarkan positif COVID-19. Kabar itu disampaikan oleh Fitria Sukaesih yang tak lain adalah putri dari sang ratu dangdut. Elvy Sukaesih ...
Berita

Komisioner KPU Pramono Ubaid Dinyatakan Positif Covid-19

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisioner KPU Pramono Ubaid Thantowi menyatakan bahwa dirinya positif terinfeksi Covid-19. Hal itu diketahui usai dirinya menjalani tes swab yang dilakukan ...