Berita
Oleh Fitriani pada hari Selasa, 02 Jul 2019 - 14:11:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Ke Luar Negeri, Mendag Batal Diperiksa KPK

tscom_news_photo_1562051488.jpg
Mendag, Enggartiasto Lukita (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Perdagangan (Mendag)RI Enggartiasto Lukitabatal diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini, 2 Juli 2019. Enggar berhalangan hadir lantaran tengah berada di luar negeri. KPK sendiri telah menerima surat pemberitahuan dari Mendag.

“Yang bersangkutan sedang berada di luar negeri sehingga meminta penjadwalan ulang," ujar Juru bicara KPK Febri Diansyah menjelaskannya melalui keterangan tertulis, Selasa (02/07/2019).

Enggar sendiri dijadwalkan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bowo Sidik Pangarso dan stafnya, Indung, terkait kasus penerimaan gratifikasi terhadap politikus Golkar tersebut, dan temuan beberapa dokumen oleh penyidik saat menggeledah ruang kerja Enggar beberapa waktu lalu.

Atas ketidakhadiran Enggar, KPK menjadwalkan ulang pemeriksaan pada 8 Juli 2019. KPK pun berharap Mendag memenuhi panggilan pada pekan depan. "Saksi bisa datang memenuhi panggilan penyidik dan menjelaskan secara terbuka.” ucap Febri.

Bowo Sidik merupakan tersangka dua perkara. Pertama, atas kasus dugaan suap dalam kerja sama penyewaan kapal PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) dan PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG). KPK menduga Bowo Sidik menerima suap dari Manager Marketing PT Humpuss Transportasi Kimia Asty Winasti sebanyak Rp221 juta dan US$85.130.

Suap tersebut diduga diberikan agar perusahaan itu dapat menjadi pengangkut amonia milik PT Pupuk Indonesia, namun dalam pengembangannya, KPK menduga ada penerimaan dari sumber lain oleh Bowo Sidik, terkait jabatannya sebagai anggota DPR.

KPK sendiri telah mengidentifikasi ada empat sumber dugaan penerimaan gratifikasi oleh Bowo Sidik, yaitu peraturan Menteri Perdagangan tentang perdagangan gula rafinasi, lalu penganggaran dana alokasi khusus di beberapa daerah. Kemudian revitalisasi empat pasar di Minahasa Selatan dan posisi orang tertentu di BUMN. (ahm)

tag: #kementerian-perdagangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Terdampak COVID-19, OJK Pastikan Stabilitas Sistem Keuangan Terjaga

Oleh windarto
pada hari Minggu, 31 Mei 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperhatikan dampak COVID-19 yang relatif mulai memberikan tekanan terhadap sektor jasa keuangan, meski demikian kondisi stabilitas sistem ...
Berita

Guru Besar UNS: Indonesia Sudah Siap Masuk Tahun Ajaran Baru

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Guru Besar Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Joko Nurkamto menilai Indonesia sudah bisa memulai pendidikan tahun ajaran baru 2020/2021 dalam situasi pandemi ...