Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Sabtu, 06 Jul 2019 - 06:02:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Jatah Menteri, Pengamat: Presiden Tak Perlu Tunduk kepada PKB

tscom_news_photo_1562361822.jpeg
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pengamat politik Universitas Al Azhar Jakarta, Ujang Komaruddin menyatakan, Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) tidak perlu tunduk kepada PKB tentang jumlah jatah menteri. Di sisi lain, dia
menilai tidak etis PKB meminta jatah kursi menteri.

"Permintaan 10 kursi menteri oleh PKB kurang etis, terlalu banyak. Jika kita berkaca pada sistem presidensial, maka urusan mengangkat menteri adalah hak prerogatif presiden," kata Ujang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Dia mengatakan, dalam sistem presidensial yang dianut Indonesia, urusan mengangkat menteri adalah hak prerogatif Presiden bukan permintaan partai politik.

Ujang menegaskan, Presiden terpilih Jokowi tidak bisa tunduk dan patuh pada permintaan PKB tersebut karena hak menentukan menteri ada di Jokowi, bukan partai.

"Jika ada 34 kementerian, lalu PKB minta 10 kursi menteri, partai lainnya berapa? PDIP dan Golkar yang suaranya di atas PKB pasti minta jatah lebih banyak," ujarnya.

Menurut dia, apabila masing-masing partai koalisi Jokowi-Ma"ruf meminta jatah menteri yang banyak, maka itu tidak rasional dan tidak etis.

Dia menyarankan Presiden terpilih Jokowi proporsional membagi jatah kursi menteri dan jangan terpengaruh berbagai permintaan partai politik.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar mengatakan partainya layak mendapatkan jatah kursi menteri dalam kabinet yang akan disusun Jokowi-Ma"ruf.

"Insya Allah usulan kami akan mendapatkan perhatian khusus namun saya tidak tahu berapa jumlahnya. Saya tidak berani berharap, berdoa saja," kata Muhaimin sebelum bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/7) (plt).

tag: #cak-imin  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...