Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Sabtu, 06 Jul 2019 - 15:23:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Jimly: Rekonsiliasi yang Diburu-buru akan Menyakiti Emak-emak

tscom_news_photo_1562401415.jpeg
Ketua Umum ICMI, Jimly Ashidiqie (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo sebaiknya berjalan ilmiah. Rekonsiliasi yang diburu-buru akan menyakiti pendukung Prabowo, terutama kelompok emak-emak.

"Saya rasa untuk rekonsiliasi itu alamiah saja, kita harus mengelola endak usah dipaksakan toh semua sudah menerima hasil pemilihan umum, utusan sudah final dan mengikat," kata
Ketua Umum Ikatan Cendiakiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie dalam sambutan di acara halal bihalal ICMI, di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Menurutnya, sebelum melakukan rekonsiliasi yang terpenting adalah para pendukung dari masing-masing kubu harus dipersiapkan. Jika diburu-buru, kata dia, maka akan mengecewakan para pendukung terutama pendukung Prabowo yaitu emak-emak.

"Jadi kalau misalnya Prabowo terlalu cepet ketemu, itu kan mungkin menyakitkan bagi ibu itu. Nah, ibu itu hanya simbol itu kan mewakili banyak orang karena jumlah orang yang ingin ganti presiden banyak banget. Cuma mereka harus menghargai juga yang ingin presidennya terus," ujar Jimly.

Jimly juga menyatakan bahwa rekonsiliasi adalah sikap yang baik. Namun, saat ini yang jauh lebih penting adalah bagaimana mengelola perbedaan untuk lima tahun ked epan. Ia juga menambahkan jangan sampai adanya kecenderungan monolitik, ketika semuanya akan ikut ke dalam koalisi pemenang.

Lebih lanjut, Jimly mengatakan bagi kaum cendekiawan untuk tidak ikut larut dalam konflik tetapi harus menenangkan dan tidak memaki di dalam konflik.(plt)

tag: #jimlyasshiddiqie  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...