Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 08 Jul 2019 - 09:40:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Bamsoet Sarankan Kabinet Jokowi Beri Ruang buat Generasi Muda

tscom_news_photo_1562553648.jpeg
Bambang Soesatyo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Soesatyo menyatakan, untuk kabinet baru yang fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) negara harus mengalokasi ruang dan waktu.

Utamanya, lanjut dia, bagi generasi muda untuk bertumbuh dan mengembangkan dirinya agar menjadi pribadi yang kompeten sekaligus kompetitif.

"Pesan ini penting dan relevan untuk didorong pada ruang publik di tengah isu mengenai rencana (siapa saja) calon menteri baru atau jatah menteri untuk formasi kabinet baru yang sedang disiapkan Presiden Jokowi," kata Bamsoet di Jakarta, Senin (8/7/2019).

Pesan itu, menurutnya penting dipertimbangkan mengingat generasi yang lebih tua saat ini memang punya kewajiban mengantarkan generasi milenial sekaligus generasi Z agar siap menyambut era industri 4.0 dan tren selanjutnya.

Ia menilai, hal itu pada dasarnya sejalan dengan fokus Jokowi yang telah menetapkan pengembangan kualitas SDM sebagai prioritas pembangunan.

Tujuannya, mendorong generasi milenial dan generasi Z beradaptasi dengan perubahan zaman. Hal itu ditandai oleh otomatisasi dan digitalisasi pada hampir semua aspek kehidupan, terutama digitalisasi perekonomian.

Kata dia, program itu layak diperhatikan oleh semua elemen masyarakat. Pasalnya, tantangan yang sedang dan akan dihadapi generasi muda sangat berbeda dengan apa yang dulu dihadapi generasi sebelumnya.

"Lapangan kerja mengalami perubahan signifikan. Saat ini, ada banyak pekerjaan tidak lagi butuh peran atau kreasi otak manusia. Kebutuhan akan peran manusia pada sejumlah profesi atau keahlian di dunia kerja tidak lagi signifikan," jelasnya.

Maka dari itu, ia menilai program dengan pertimbangan itu akan menjadi rencana strategis. Pemerintah perlu mengintensifkan sosialisasi program kepada semua elemen masyarakat dan komunitas.

Sebaliknya, terang Bamsoet, dengan memahami program tersebut, para orang tua diharapkan makin intens pula dalam memaparkan dan menggambarkan tantangan yang dihadapi anak-anak.

"Inisiatif Presiden Jokowi ini pun hendaknya direspons oleh para ahli pendidikan di Kementetian pendidikan dan kebudayaan, juga Kemenristek Dikti," jelasnya.

"Kemedikbud dan Kemenristek Dikti diharapkan segera berbagi informasi dan menyesuaikan program. Kemduian diikuti dengan inisiatif bersama untuk memperbatui kurikulum pendidikan dari tingkat dasar," paparnya. (ahm)

tag: #bamsoet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...